Pemkot Gelar Pekan Panutan PBB Perkotaan dan Pedesaan

Demi menggenjot penerimaan dari sektor pajak, Pemerintah Kota Jayapura kembali mengadakan Pekan Panutan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Perkotaan dan Pedesaan bertempat di Main Hall kantor Wali Kota, Senin (12/6).
Share it:
Kepala Badan Pendapatan Daerah saat memantau proses pembayaran PBB oleh pejabat Pemkot Jayapura
Jayapura, Dharapos.com
Demi menggenjot penerimaan dari sektor pajak, Pemerintah Kota Jayapura kembali mengadakan Pekan Panutan Pajak Bumi dan Bangunan  (PBB) Perkotaan dan Pedesaan bertempat di Main Hall kantor Wali Kota, Senin (12/6).

Kegiatan ini diperuntukkan bagi wajib pajak (WP) potensial,  perorangan dari pejabat dan aparatur sipil negara Pemkot Jayapura.

“Nantinya akan akan dilakukan di tiga titik yaitu di main hall kantor Wali Kota, Dinas Otonom dan di kantor Gubernur  Papua selama empat hari,” urai Kepala  Badan Pendapatan Daerah Kota Jayapura, Fachruddin Pasollo, saat dikonfirmasi, Senin(12/6)

Di sela-sela memantau proses ini, Pasollo mengungkapkan, pekan panutan yang dilakukan adalah guna melakukan pemungutan serta penerimaan pembayaran PBB dari wajib pajak di lingkungan ASN Pemkot Jayapura.

“Pajak Bumi dan Bangunan merupakan satu kewajiban setiap warga negara, sehingga itu harus di mulai dari kepala daerah juga para pejabat yang mempunyai kewajiban untuk membayar pajak,” ungkapnya.

Pekan panutan yang di awali dari para pejabat di lingkungan Pemkot Jayapura, diharapkan menjadi panutan bagi masyarakat dan masyarakat bisa mengikuti apa yang di lakukan pejabat di kota ini.

“Masyarakat Indonesia umumnya masih memiliki budaya vertikal, sehingga apa yang dilakukan dalam rangka pembangunan pelayanan kepada masyarakat dan juga pemerintahan oleh pimpinan pasti juga diikuti oleh masyarakat,” cetus Pasollo.

Lanjutnya, pekan panutan ini dilakukan rutin setiap tahun, yang diawali dari  para pejabat guna memberikan contoh dan teladan yang baik kepada masyarakat.

Untuk kesadaran dari para pejabat dan ASN Pemkot Jayapura dalam melakukan kewajibannya, Pasollo mengaku ada peningkatan,

“Dengan pekan panutan, kita lebih mendekatkan fungsi pelayanan penagihan kepada wajib pajak, khusus bagi para pejabat dan ASN Pemerintah Kota Jayapura,” tandasnya.

Diakuinya, tingkat kesibukan para pegawai dan pejabat di kantor  sangat tinggi sehingga kemungkinan lupa untuk membayar pajak bisa saja terjad.

“Menyikapi kondisi ini maka kami dari Badan Pendapatan Daerah mengambil langkah untuk
melakukan pungutan di kantor, dengan membuka loket-loket sehingga ada kemudahan  untuk membayar PBB , tanpa harus pergi ke kantor Dispenda atau ke bank,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga