Penegakan Disiplin di Lingkup Pemkot Jayapura Beri Efek Positif

Langkah awal penegakan disiplin di lingkup Pemerintah Kota Jayapura, telah memberi efek yang positif.
Share it:
Sekda Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM saat memberikan arahan kepada ASN bermasalah
Jayapura, Dharapos.com 
Langkah awal penegakan disiplin di lingkup Pemerintah Kota Jayapura, telah memberi efek yang positif.

Meski, kedapatan ada beberapa aparatur sipil negara (ASN) yang diketahui belum melaksanakan kebijakan yang dikeluarkan Wali Kota tentang penegakan disiplin.

“Dari ribuan aparatur yang ada, ternyata sebanyak 75 orang yang belum melaksanakan kebijakan di maksud, namun jika dipresentasekan dengan jumlah keseluruhan ASN yang ada di kota maka ini merupakan sebuah progres yang menggembirakan” ungkap Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Rasmus D. Siahaya, SH, MM saat dikonfirmasi, Senin (12/6).

Artinya, lanjut dia,  progres yang menggembirakan hanya sebagian kecil saja yang belum menggunakan kelengkapan sesuai aturan ASN.

“Dan mereka telah berjanji untuk hari Senin mendatang akan melengkapi atribut, dan kami nantinya akan kembali mengecek sesuai janji mereka. Karena nantinya akan dicek kembali masing-masing sesuai dengan nama yang telah di serahkan,” terang Sekda.

Begitu pula dalam berpakaian, mereka akan di cek satu persatu sesuai catatan dalam rangka penegakan disiplin yang mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010.

Untuk itu, diharapkan kepada seluruh ASN untuk mengikuti aturan yang ada agar tidak di kenakan sanksi.

Terkait pengadaan, diakui Sekda bahwa ada aturan bagi Pemerintah untuk menyiapkan atribut dan seragam yang jelas.

“Dan sebagai kewajiban untuk ASN maka kita harus lakukan pengadaan baru menidaklanjuti penegakan disiplin. Tetapi sampai dengan saat ini saya sendiri belum membaca aturan ketentuan terkait atau mewajibkan Pemerintah untuk melakukan pengadaan atribut,” akuinya.

Karena ASN telah digaji dan dibiayai oleh negara dengan berbagai-bagai pendapatan yang ada, sehingga pihaknya tetap mengacu pada aturan tersebut.

“Semua pegawai diharapkan mempunyai persepsi yang sama tentang kebijakan penegakan disiplin agar tidak saling melempar kesalahan,” tukasnya.

Kepala Badan Kepegawaian Diklat Kota Jayapura, Dr. Robert Betaubun, M.Pd, juga menambahkan sesuai instruksi Wali Kota tentang penegakan disiplin oleh ASN Pemkot, yang ditindaklanjuti dengan penertiban atribut dan disiplin.

Pihaknya telah melakukan pendataan atau mengeluarkan edaran yang  telah disampaikan kepada OPD terkait format untuk pendataan yang tidak hadir termasuk yang mengikuti apel.

“Saat ini kita sementara tabulasi tentang kehadiran sampai dengan persiapan dan nantinya akan disiapkan Peraturan Walikota tentang tim penjatuhan sanksi,” sambungnya.

Karena sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2007 tentang manajemen ASN maka harus dibentuklah tim penjatuhan sanksi.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga