Penegakan Disiplin Jadi Prioritas Wali Kota

Penegakan disiplin menjadi salah satu prioritas Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM pada periode kedua kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan Saru, MM.
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat memeriksa barisan ASN lingkup Pemkot Jayapura
Jayapura, Dharapos.com
Penegakan disiplin menjadi salah satu prioritas Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM pada periode kedua kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan Saru, MM.

Keduanya sangat serius untuk melakukan penegakan disiplin bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Jayapura.

Walau pada periode pertama terkesan belum menjadi prioritas, namun pada periode kedua ini seluruh ASN harus betul-betul taat dan disiplin serta tidak lagi bermain-main dengan aturan yang ada.

“Disiplin bagi seorang aparatur sipil negara  itu sangatlah penting,” tegas Wali Kota.

Dan untuk membuktikan itu, maka  saat apel berlangsung Wali Kota yang didampingi Wakil Wali Kota dan Sekretaris Daerah Kota Rasmus D. Siahaya, SH, MM, memeriksa satu persatu ASN dalam barisan, terkait apakah dakam menggunakan seragam sudah sesuai aturan atau belum.

Pantauan media ini, saat dilakukan pemeriksaan ternyata masih ada ASN yang belum menegakan  aturan, sehingga Wali Kota saat itu langsung menertibkan.

Pemeriksaan tersebut bukan saja bagi ASN namun juga dilakukan terhadap seluruh pimpinan OPD.

“Lima tahun pertama saat memimpin Kota Jayapura saya masih memberikan kelonggaran–kelonggaran, namun pada 5 tahun periode kedua ini, disiplin bagi aparatur sipil negara benar-benar akan saya tegakkan," lanjut Wali Kota saat apel gabungan di lingkup Pemkot, Selasa (7/6).

Disiplin yang tinggi tentu akan menciptakan etos kerja bagi ASN, seperti disiplin masuk  dan pulang kantor juga dalam berseragam dinas yang telah diatur dalam Perda Kota Jayapura dan Kementrian Dalam Negeri RI yang harus dilengkapi setiap ASN.

“5 tahun kedua ini aturan ASN sangat ketat,  dimana  yang tidak masuk 64 kali akumulatif maka sudah jelas akan diberikan sanksi. Aturan ini harus ditegakkan agar tidak ada kecemburuan sosial di antara ASN Kota,” tegasnya.

Wali Kota turun tangan memperbaiki atribut salah satu ASN
Sangsi yang akan dijatuhkan bagi setiap ASN Pemkot Jayapura pelanggar aturan, diproses melalui beberapa tahapan yang ada yakni diberikan teguran pertama, kedua dan ketiga, hingga penundaan gaji berkala.

Nantinya, sangsi pada tahapan terakhir yakni bermuara pada pemecatan ASN itu sendiri.

“Ada ASN yang masuk tidak tepat waktu bahkan ada juga yang tidak berkantor selama satu sampai dua bulan dan kondisi ini bukan saja terjadi di ASN Pemkot Jayapura, namun terjadi juga pada tenaga guru dan juga medis,” urainya.

Untuk itu Wali Kota langsung meminta kepada Sekretaris Daerah Kota Jayapura yang mengawasi semua ASN dan Bagian Kepegawaian Setda Kota serta inspektorat untuk ikut mengawasi ASN Pemkot setempat.

“Ini bukan saja kita menuntut mereka harus rajin tapi tugas pokok dan fungsi masing-masing dinas harus dijalankan dengan baik dan tepat waktu karena pelayanan kepada masyarakat harus lebih excellent,” sambungnya.

Pria yang akrab disapa BTM ini juga akan lebih mempertegas kepada aparatur terendah seperti lurah dan kepala distrik yang tidak dekat dengan masyarakat akan menjadi sorotannya.

“Karena saya hanya mau bekerja keras, kerja cerdas dan kerja dengan hati serta fokus untuk melayani masyarakat di Kota Jayapura,” cetusnya.

Program-program besar yang belum terselesaikan akan diselesaikan secara bertahap, seperti pembangunan Terminal Entrop, dan pasar Youtefa yang hampir rampung hingga pasar induk dan jembatan Hamadi Holtekamp serta RS Kota Jayapura yang sementara di bangun di  Muara Tami.

BTM juga berjanji akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua terkait Terminal Batas Kota.

“Dan juga program-program lain yang sudah jalan akan terus ditingkatkan ke depan agar menjadi lebih baik yang semuanya akan bermuara kepada situasi keamanan dan ketertiban Kota Jayapura yang kondusif agar masyarakatnya hidup aman dan nyaman,” tukasnya.


(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments: