Peringati HUT ke 31, Wali Kota : Lansia Harus Ditangani Khusus

Pemerintah Kota Jayapura, melalui Dinas Sosial setempat menggelar peringatan Hari Lanjut Usia (Lansia ) Nasional ke - 31 Tahun 2017.
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM didampingi Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan Saru, MM saat memberikan
sambutan pada peringataan HUT Lansia ke 31 yang di gelar Penmerintah Kota Jayapura, Jumat (16/6) 
Jayapura, Dharapos.com 
Pemerintah Kota Jayapura, melalui Dinas Sosial setempat menggelar peringatan Hari Lanjut Usia
(Lansia ) Nasional ke - 31 Tahun 2017.

Peringatan tahun ini diselenggarakan melalui Gebyar Hari Lansia Nasional 2017 dengan tema “Hidup Bermartabat di Usia Senja, Lansia Sejahtera” dan berlangsung secara sederhana di aula Sian Soor, kantor Wali Kota, Jumat (16/6).

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM dalam kesempatannya memberikan sambutan dan menyapa para Lansia mengingatkan bahwa dalam memberikan bantuan dan pelayanan kepada sesama jangan memilih orang , karena semua sama dalam pelayanan.

Lanjutnya, para orang tua yang sudah lanjut usia diatur dengan UU RI juga yang ditindaklanjuti dengan Peraturan pemerintah serta Peraturan daerah Kota Jayapura.

“Sehingga kita harus menangani secara khusus para orang tua yang telah lanjut usia ini agar mereka bisa memiliki umur yang panjang, hidup bahagia dan sejahtera. Ini semuanya telah diatur oleh UU RI,” cetus Wali Kota.

Pria yang akrab disapa BTM ini juga meminta Dinas Sosial setempat agar lansia yang ada di kota Jayapura harus di data dengan baik.

Begitu pula dengan program Pemkot Jayapura di setiap Puskesmas yang juga menyediakan  pelayanan khusus bagi lansia bekerja sama dengan gereja-gereja setempat agar dimaksimalkan

“Orang yang bertugas di Dinas Sosial adalah orang yang terus tampilkan senyum, baik dan rendah hati serta tidak saling berkelahi atau berselisih. Berbeda dengan yang berhubungan dengan proyek yang satu dengan yang lain. Namun menangani lansia adalah pelayanan dan bukan proyek," tegas BTM.

Wali Kota saat berkesempatan menyerahkan kaca mata kepada salah satu lansia
Kepala Dinsos Kota Jayapura, Irawadi mengungkapkan kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk memberikan rasa gembira kepada orang-orang tua yang sudah lanjut usia agar mereka tidak merasa kesepian atau merasa tidak diperhatikan Pemerintah.

Selain itu, memberikan semangat kepada para lansia agar mereka bisa memiliki semangat hidup kesehatan juga bisa terjaga

“Hari ini kita memberikan sajian senam-senam di tempat tetapi ada juga pemberian kacamata gratis,” lanjutnya.

Diakuinya, hingga saat ini jumlah Lansia yang baru terdata mencapai 525 orang dan masih banyak lagi yang belum terdata.

“Namun tahun depan akan di data secara baik,” janji Kadis.

Pada momen  ini  juga dibarengi pemeriksaan kesehatan kepada para lansia dan terapi fisik yang dipandu dari Balai Besar Kementrian Sosial RI.

Sementara itu, Mama Dominggas Haai (67), lansia asal Kampung Enggros, mengaku mengucap syukur kepada Tuhan karena, bisa diundang untuk hadir mengikuti HUT Lansia yang ke 31 Tingkat Kota Jayapura.

“Kami mengharapkan agar pemerintah jangan hanya melihat atau menurunkan bantuan -bantuan bagi orang-orang yang kuat dan masih bisa bekerja saja. Namun kami-kami yang lansia juga  harus bisa diperhatikan,” imbuhnya.

Mama Dominggas juga minta Pemkot Jayapura melalui Dinas Sosial agar memperhatikan lansia yang ada di setiap Kelurahan sehingga.

“Karena dengan begitu, dapat ditahui jelas bahwa di Kota Jayapura ada berapa jumlah lansia, agar ke depan bisa diperhatikan dalam segi kesehatan. Dan bilamana kami sakit, kami bisa masukan proposal untuk pengobatan khusus yang parah seperti operasi mata agar pemerintah bisa membantu,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga