Perwakilan Papua Hadiri Rakernas Pesparawi XII di Pontianak

Provinsi Kalimantan Barat telah di tunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XII berdasarkan hasil Musyawarah Nasional (Munas) Pesparawi XI Nasional di Kota Ambon pada 2015 lalu yang diikuti 34 provinsi.
Share it:
Djong H. W. Makanuay
Jayapura, Dharapos.com 
Provinsi Kalimantan Barat telah di tunjuk sebagai tuan rumah pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XII berdasarkan hasil Musyawarah Nasional (Munas) Pesparawi XI Nasional di Kota Ambon pada 2015 lalu yang diikuti 34 provinsi.

Olehnya itu, berbagai persiapan menyambut hajatan tingkat nasional ini, intens dilakukan Provinsi yang beribukota di Pontianak ini.

Salah satunya adalah Rapat Kerja Nasional (Rakernas ) Pesparawi  XII yang di selenggarakan sejak 15-17 Juni 2017.

Provinsi Papua yang juga menjadi salah  satu peserta pada even dimaksud, resmi menunjuk Sekretaris Lembaga Pengembangan Pesparawi Provinsi Papua,Djong H. W. Makanuay ditunjuk oleh ketua umum lembaga tersebut Drs. Elia I. Loupatty, MM untuk mengikuti Rakernas bersama 33 provinsi lainnya.

“Agenda yang dibicarakan hanya berfokus penuh pada persiapan pelaksanaan Pesparawi XII tingkat nasional di Pontianak Kalimantan Barat,” ungkap Sekretaris Lembaga Pengembangan Pesparawi provinsi provinsi Papua, Djong H. W. Makanuay yang dikonfirmasi, di kantor Walikota Jayapura, Senin (19/6).

Terkait kesiapan tuan rumah, progresnya telah mencapai 70 persen untuk penyelenggara lomba lagu-lagu gerejawi pada Juni 2018 nanti.

“Walau begitu tentu masih banyak yang harus dipersiapkan terkait infrastruktur serta kebutuhan-kebutuhan kontingen yang jumlahnya cukup besar,” lanjutnya.

Karena diperkirakan kurang lebih 10.000 orang yang akan hadir di Bumi Khatulistiwa untuk mengikuti Pesparawi XII dari 34 provinsi di Indonesia.

Dari masing-masing provinsi diprediksi sebanyak 281 peserta  yang akan hadir di Pontianak.

“Juga nantinya ada agenda khusus pada Agustus mendatang terkait dengan pembagian lagu dan pelatihan bagi pelatihan Dirigen,” sambungnya.

Untuk Provinsi Papua secara khusus, lanjut Makanuway akan menunggu hasil Pesparawi tingkat Provinsi se tanah Papua yang akan berlangsung di Kaimana dari tanggal 6 - 20 September 2017.

Hasil dari kedua Provinsi baik Papua maupun Papua Barat akan ditentukan di Kabupaten Kaimana dan
Para pemenang nantinya akan dilaporkan ke Gubernur Papua untuk di bawah  ke Pontianak pada even tingkat nasional XII.

Pada rakernas tersebut juga dibicarakan terkait kategori lomba dimana ada 12 kategori yang akan dilombakan yaitu paduan suara dewasa campuran, paduan suara wanita, paduan suara pria, dan paduan suara anak

Kemudian, paduan suara remaja pemuda, paduan suara etnik komparatif, vocal group , Pop band gerejawi , solo anak 7 - 9 tahun, solo anak 10 -13 tahun dan solo remaja putra dan putri.

Sementara untuk Pesparawi tingkat provinsi se tanah Papua di Kaimana, akan ditambahkan dua kategori yaitu kategori lokal dan non lokal yaitu baca indah Alkitab dan cerdas cermat Alkitab sehingga Papua sendiri ada 14 kategori yang akan dilombakan.

Makanuway mengaku bahwa kesiapan peserta Pesparawi Provinsi Papua sudah  maksimal.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga