Sekda Apresiasi Kerukunan Muslim - Nasrani di RT04/RW05 Kelurahan Tanjung Ria

Kebersamaan dan kerukunan warga RT 04/RW05 Kelurahan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, yang terjalin selama ini di antara sesama warga Muslim maupun Nasrani patut diapresiasi.
Share it:
Sekda Kota, Rasmus D. Siahaya, SH, MM bersama Ketua MUI Kota Jayapura KH. Zulham Ma'mun saat hadir dalam
buka puasa bersama warga RT04/RW05, Kelurahan Tanjung Ria, Distirk Jayapura Utara, Senin (19/6)
Jayapura, Dharapos.com
Kebersamaan dan kerukunan warga RT 04/RW05 Kelurahan Tanjung Ria, Distrik Jayapura Utara, yang terjalin selama ini di antara sesama warga Muslim maupun Nasrani patut diapresiasi.

Dimana momen buka puasa bersama ini juga merupakan wujud nyata kebersamaan dan saling bersilaturahmi antar sesama umat Allah yang berada di wilayah tersebut.

“Dan yang terpenting, hal ini sejalan dengan moto Pemerintah kota Jayapura yang di cetus Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM  yaitu Satu Hati Membangun Kota Untuk kemuliaan Tuhan,“ tandas Sekretaris Daerah Kota Jayapura. Rasmus D. Siahaya, SH, MM saat buka puasa bersama warga setempat, Senin (19/6).

Artinya, warga yang ada di RT 04/05 harus bersatu hati dalam menjaga kebersamaan lingkungan sehingga pelaksanaan pembangunan di wilayah mereka dan Kota Jayapura pada umumnya berjalan seiring dengan visi misi Pemerintah.

Momen dalam rangka silaturahmi ini turut di hadiri ketua MUI Kota Jayapura KH. Zulham Ma'mun, sesepuh dan para orang tua baik Muslim maupun Nasarani di RT.04/05.

Siahaya yang juga sesepuh masyarakat setempat menegaskan bahwa buka puasa bersama antar warga RT 04 RW 05 ini sudah merupakan satu kebiasaan setiap  momen bulan suci Ramadhan.

Warga Kristen maupun Muslim yang selalu barengan melaksanakan buka puasa bersama ini sudah memasuki tahun kedua dengan satu komitmen untuk tetap menjaga lingkungan sebagai tempat yang aman, nyaman dan menyenangkan buat warga setempat.

Bersama Ny Siahaya, tampak hadir warga masyarakat dari komunitas Muslim dan Nasrani di setempat 
“Wadah untuk menjaga kerukunan kita yaitu pada momen-momen keagamaan seperti bulan suci Ramadhan atau buka puasa bersama dan juga  pada momen perayaan natal di bulan Desember dan tidak ada maksud lain dibalik itu,” tegasnya.

Walaupun ada orang berpikir bahwa kegiatan ini hanya sebagai satu pencitraan, namun semua yang diprakarsai  ini merupakan satu keikhlasan sesama warga yang ada.

Lanjutnya, buka puasa bersama ini lahir dari sebuah ketulusan, keikhlasan hati di mana kebersamaan itu penting dalam kehidupan sebagai tetangga adalah juga saudara

“Silaturahim itu perlu kita bangun, kita jaga dan kita rawat agar siapa saja yang masuk di kompleks RT 04 RW 05  yang ingin merongrong kebersamaan warga maka warga disini pasti bersama untuk melawan,” cetus Siahaya.

Untuk itu, dirinya menghimbau kepada seluruh warga setempat agar jika ada orang yang ingin memecah belah kerukunan ataupun kebersamaan di RW/05, tidak boleh terpengaruh apapun.

“Sehingga kita dapat hidup berdampingan menjaga lingkungan secara bersama-sama,” tukasnya.

Sementara, Ketua MUI Kota Jayapura, KH. Zulham Ma'mun,dalam tauziah mengatakan yang dapat dipetik pada momen buka puasa bersama ini adalah  menunjukkan kebersamaan sesama warga saudara seiman, saudara sebangsa setanah air dan sesama manusia.

Momen ini tentu dapat mendekatkan sesama warga RT.04/RW.05 sehingga diharapkan ibadah puasa tersebut tentu dapat meningkatkan akhlak dan moral, perasaan sosial untuk ditumbuhkembangkan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Yang saat ini agak sedikit rapuh penghayatan generasi muda kita terhadap Pancasila,” tukasnya.


(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga