Siswa SMPN 1 Kota Jayapura Raih Nilai UN Tertinggi se - Papua

Gede Brian Nugraha Dena, siswa SMP Negeri 1 Kota Jayapura berhasil lulus Ujian Nasional (UN) dengan meraih jumlah nilai tertinggi sebesar 370,5.
Share it:
Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan Saru, MM saat memberikan reaward kepada  Gede Brian Nugraha Dena,
siswa SMPN 1 Kota Jayapura peraih nilai UN tertinggi se Provinsi Papua 
Jayapura, Dharapos com 
Gede Brian Nugraha Dena, siswa SMP Negeri 1 Kota Jayapura berhasil lulus Ujian Nasional (UN) dengan meraih jumlah nilai tertinggi sebesar 370,5.

Nilai rata-rata yang dia capai masing-masing untuk mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia dengan nilai 100.0, Bahasa Inggris (88.0), Matematika (90.0) dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan nilai 92,5.

Dengan hasil ini, Gede Brian berhasil menjadi peraih nilai UN tertinggi se Papua untuk tingkat SMP.

Menempati urutan tertinggi kedua, diraih siswa SMP Kartika VI-1 Jayapura, Putu Rizky Daiva dengan total nilai 358.00 dengan nilai rata-rata  untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia 92.0, Bahasa Inggris ( 86, 00) , Matematika (90.00) dan mata pelajaran IPA 90.0.

Selanjutnya, menempati peringkat 3 – 5 masing-masing diraih Belarminus Dimas Bramantyo nilai tertinggi 352,0 dengan rincian nilai Bahasa Indonesia (92.0), Bahasa Inggris (80,0), Matematika sebelum (85,0) dan IPA 85,0.

Menyusul peringkat keempat diraih oleh siswa atas nama Yesika Febriani, jumlah nilai 349,0 dengan rata-rata Bahasa Indonesia (90,0), Bahasa Inggris (84,0), Matematika (87,5) dan IPA 87,5.

Sedangkan, peringkat kelima se Papua diraih Andri Kurniawan dengan jumlah nilai 346,0 dengan rata-rata untuk Bahasa Indonesia 86.0, Bahasa Inggris (90,0), Matematika (90,05) dan IPA 80,0.

Mengapresiasi keberhasilannya meraih nilai tertinggi, Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan Saru, MM menyerahkan reaword kepada  Gede Brian Nugraha Dena.

Wawali didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura dan Kepala SMPN 1 Jayapura yang langsung dibarengi dengan acara pelepasan sebanyak 333 siswa-siswi SMPN 1 Jayapura tahun pelajaran 2016-2017.

Wawali saat menyampaikan sambutan Wali Kota, berpesan agar ilmu yang telah diberikan para guru di sekolah dapat dijadikan sebagai modal untuk mengarungi pendidikan pada jenjang SMA dan SMK.

“Tanamkanlah sikap disiplin untuk mewujudkan impian adik-adik dengan didukung oleh komitmen yang kuat. Disamping itu, harus hindarkan diri dari segala bentuk ajakan yang ingin menjerumuskan adik-adik dalam kenakalan remaja,” ajaknya.

Wali Kota berharap para pelajar dapat tampil sebagai garda terdepan untuk memerangi semua itu sekaligus mengantisipasi diri ke depan, dalam menghadapi tantangan baru dengan semangat nilai-nilai pendidikan nasional, berjiwa daya saing serta memiliki karakter yang kokoh dengan mengedepankan akhlak mulia.

Foto bersama usai penyerahan reaward
Sementara itu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.Mpd yang dikonfirmasi mengaku bahwa pengumuman UN BK siswa SMP di Kota Jayapura dimulai pada pukul 06.00 yang dilakukan secara Online.

“Dan yang sangat menggembirakan bagi Pemerintah Kota untuk dunia pendidikan bahwa dari 10 besar yang dirilis oleh NS tingkat nasional melalui Provinsi Papua yaitu lima di antaranya dipegang oleh pelajar dari Kota Jayapura,” cetusnya.

Hal ini tentu sangat membanggakan bagi dunia pendidikan di ibukota Provinsi Papua ini dan sebagai bukti pemerataan mutu pendidikan sudah tersebar di semua sekolah baik swasta maupun negeri.

“Sekolah negeri dulunya sangat diidam-idamkan oleh para orang tua siswa namun kenyataannya di tahun pelajaran 2016-2017 hal tersebut tidak berlaku lagi, karena terbukti siswa SMP Kartika pun di luar dugaan berhasil memepati peringkat dua UN se Provinsi Papua,” tandasnya.

Untuk diketahui, pada tahun ajaran 2015-2016 peringkat pertama tersebut dipegang siswa SMP Kalam Kudus namun di tahun ajaran 2016-2017 kembali dipegang oleh siswa SMPN 1 Jayapura.

Atas keberhasilan ini maka Pemkot melalui Disdikbud setempat menilai bahwa proses belajar mengajar di setiap sekolah memang betul-betul dilaksanakan dengan baik.

Kepala SMPN 1 Jayapura, Alex Deu, S.Pd. menegaskan kembalinya SMPN 1 Jayapura meraih nilai tertinggi di Provinsi Papua merupakan hasil kerja sama dan perjuangan para guru sebagai ujung tombak pendidikan di sekolah tersebut yang turut didukung orang tua murid serta komite.

Bahkan dirinya bersyukur kepada Tuhan karena 4 siswa SMPN 1 Jayapura mampu menguasai 5 besar nilai tertinggi UN se Provinsi Papua di urutan 1, 3, 4 dan 5.

Keberhasilan yang diraih ke 4 anak didiknya tentu diraih dengan berbagai dukungan yang dilakukan terutama program yang telah diluncurkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura yakni pengayaan yang telah dilakukan dari bulan Januari


Selain itu juga, para siswa  mengikuti try out sehingga pada saat pelaksanaan UN, para siswa mampu menyelesaikan semua soal-soal yang ada.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments: