Wali Kota Ajak Masyarakat Bersyukur Miliki Pancasila

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM mengajak seluruh warga Kota Jayapura untuk mensyukuri indahnya keberagaman yang dipersatukan oleh nilai-nilai luhur Pancasila.
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo pada
upacara peringatan Hari Lahirnya Pancasila Tingkat Kota Jayapura, Kamis (1/6)
Jayapura, Dharapos.com
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM mengajak seluruh warga Kota Jayapura untuk mensyukuri indahnya keberagaman yang dipersatukan oleh nilai-nilai luhur Pancasila.

“Kita harus bersyukur memiliki Pancasila sebagai dasar negara dan filosofi kita serta juga Bhinneka Tunggal Ika yang telah diperjuangkan oleh para pejuang bangsa demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan UUD 1945,” ajaknya saat dikonfirmasi usai memimpin peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6).

Lanjut Wali Kota, pencanangan Bulan Juni sebagai Bulan Pancasila untuk Tingkat Kota Jayapura menjadi bukti keinginan Pemerintah bersama masyarakat menjaga dan memelihara simbol lambang Negara.

“Dan nantinya ini akan terus disosialisasikan di sekolah-sekolah dengan edukasi-edukasi melalui materi pembelajaran kepada anak-anak kita mulai dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan SMK,” lanjutnya.

Bahkan sosialisasi juga akan diberlakukan bagi seluruh ASN Kota,TNI – POLRI, BUMN, BUMD hingga hotel-hotel yang ada di Kota Jayapura diwajibkan membuat kegiatan atau minimal menyampaikan tentang Pancasila.

“Khususnya nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila agar dapat diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat di Kota Jayapura,” harap Wali Kota.

Hal ini juga akan ditindaklanjuti dengan surat edaran kepada semua elemen anak bangsa yang ada di kota Jayapura.

Diakui pula oleh pria yang akrab disapa BTM ini, bahwa beberapa waktu belakangan ini muncul paham radikalisme bahkan ada pihak-pihak yang ingin untuk merubah dasar negara Pancasila.

“Olehnya itu, sebagai warga kota Jayapura demi kokoh berdirinya negara NKRI maka nilai-nilai Pancasila harus kita sosialisasikan kepada masyarakat agar tertanam dalam hati sanubari kita. Nilai-nilai keagamaan pada Pancasila tersebut harus kita tanamkan di semua umat Tuhan di kota ini sebagai miniatur Indonesia,” cetusnya.

Ditegaskan pula, jiwa persatuan Indonesia harus dipelihara berdasarkan keadilan sosial dan kerakyatan, begitu pula jiwa gotong-royong yang sudah menjadi budaya lahirnya kebersamaan untuk saling menghormati satu yang lain sesama warga masyarakat di Kota Jayapura.

“Dari keberagaman keluarga di Kota Jayapura memperkuat keutuhan seluruh warga NKRI,” tukasnya.


(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments: