Wali Kota Berharap Kapal Wisata Youtefa Dapat Segera Difungsikan

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM meminta BPK dan Inspektorat untuk mempercepat pemeriksaan kelengkapan kapal pariwisata Youtefa milik Pemerintah Kota Jayapura.
Share it:
Kapal wisata Youtefa milik Pemkot Jayapura
Jayapura, Dharapos.com 
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM meminta BPK dan Inspektorat untuk mempercepat pemeriksaan kelengkapan  kapal pariwisata Youtefa milik Pemerintah Kota Jayapura.

Kapal yang akan digunakan untuk menjamin mobilitas warga masyarakat dalam berwisata ke pulau-pulau yang ada di sekitar Teluk Humbold dan Teluk Youtefa ini,  dana pembangunannya bersumber dari DAK Dinas Perhubungan Kota Jayapura sebesar Rp 5.3 Miliar.

“Saya berharap kapal tersebut sudah bisa di operasikan pada bulan Agustus mendatang, termasuk semua kelengkapan kapal agar segera dipenuhi pihak ketiga yang dipercaya menangani kapal, sehingga semuanya bisa berfungsi dengan baik karena kapal ini akan melayani masyarakat,” imbuhnya.

Terkait tarif, pria yang akrab disapa BTM ini minta agar segera di tentukan berapa per orang, serta lokasi -lokasi yang menjadi tempat tambatan kapal harus juga disiapkan.

Namun yang menjadi hal utama terkait safety dan kebersihan kapal harus di utamakan, agar kapal bisa difungsikan untuk wisata lokal.

Selain fungsi wisata lokal, BTM juga mengharapkan agar kapal Youtefa, bisa di fungsikan untuk rapat-rapat dinas, BUMN, BUMD,karena kapal ini semuanya telah di lengkapi dengan fasilitas yang memadai.

Kapal yang dibeli dengan anggaran senilai Rp 5,3  miliar  tersebut menggunakan mesin motor luar dua unit dengan kapasitas 200 PK sesuai space dan kontrak yang ada.

“Karena kapal tersebut sudah lengkap sehingga saya berharap agar kapal tersebut tidak terlalu lama bertambat tapi harus segera dioperasikan, tentu setelah selesai dilakukan audit oleh BPK,” harapnya.

Pada awalnya, BTM minta kapal tersebut harus dilengkapi mesin dalam palka, tentu untuk kenyamanan dan Safety. Akan tetapi ketika melihat sikon laut Kota Jayapura, karena ada titik-titik yang tidak bisa di lalui oleh kapal ,sehingga kapal tersebut di lengkapi mesin luar.

“Jika ada kekurangan dari kapal tersebut agar segera di lengkapi,” dorongnya.
Wali Kota saat mengunjungi kapal yang kini bersandar di tempat tambatan kapal milik PT. Bintang Mas, didampingi Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan Saru, MM dan sejumlah pimpinan OPD terkait.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan setempat, Elby Umneputty mengaku jika nantinya usai dilakukan pemeriksaan oleh BPK,  barulah dilakukan pembayaran tahap berikut karena pembayaran tahap I sudah dilakukan.

Dirinya berharap agar proses ini bisa berjalan dengan baik karena ada beberapa hal yang membuat keterlambatan audit atas kapal tersebut.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments: