Wali Kota Ingatkan Pers Tak Publikasikan Berita “Hoax”

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM mengakui peran pers sangat besar untuk sebuah perubahan di Kota Jayapura maupun di Tanah Papua.
Share it:
Wali Kota, Dandim 1701/Jayapura dan Kapolres Jayapura Kota saat menyampaikan sambutan pada 
momen buka puasa bersama insan pers, bertempat di Hotel Fave, Minggu (11/6)
Jayapura, Dharapos.com 
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM mengakui  peran pers sangat besar untuk sebuah perubahan di Kota Jayapura maupun di Tanah Papua.

Hal itu terlihat dari kedekatan hubungan yang terjalin selama ini sebagai mitra kerja antara pers dengan Pemerintah Kota Jayapura dan Provinsi Papua.

“Karena di ujung pena seorang pers terdapat sajian-sajian yang bisa dinikmati dengan baik oleh publik walaupun begitu pula sebaliknya bisa juga dicerca publik,” urainya saat momen buka puasa bersama insan pers, bertempat di Hotel Fave, Minggu (11/6).

Dikatakan, pers selalu mengalami pembaharuan dengan tetap melandasi pekerjaan pada landasan yang sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Wali Kota menegaskan bahwa berpendapat atau berekspresi adalah hak asasi manusia dalam era kemerdekaan pers sehingga bisa bisa berperan mengontrol pemerintah atau sebaliknya mengkritik Pemerintah.

“Tapi yang harus diingat adalah tidak memublikasikan  berita hoax kepada publik,” tegasnya.

Olehnya itu, Wali Kota berharap pers selalu berasaskan demokrasi, profesional dan harus bermoral serta independen dalam menyampaikan berbagai informasi serta mengedepankan keakuratan.

Pada momen yang sama, Komandan Kodim  1701/Jayapura  Letkol Inf Nova Ismailiyanto, mengaku mencermati dari sisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang melekat sebagai pintu gerbang awal agar tidak terjadi disintegrasi bangsa.

“Pola-pola organisasi yang tidak seharusnya berada di Kota Jayapura bisa kita redakan bahkan bisa diketahui dimana semua itu tidak terlepas dari peran media,” akuinya.

Dan untuk itu, Kodim senantiasa siap memberikan dukungan penuh kepada Pemkot Jayapura dan juga Polres Jayapura Kota untuk bersama-sama menciptakan stabilisasi keadaan daerah yang aman dan kondusif.

Media menurut Dandim, keberadaannya sangat penting serta menjadi corong untuk persatuan.

Olehnya itu, diharapkan apa yang  dilakukan oleh media semuanya dapat berjalan serta sesuai dengan relnya.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP. Marison Tober H. Sirait, SIK, juga pada momen yang sama memberikan  gambaran situasi Kota Jayapura yakni pada bulan suci Ramadhan.

“Sampai saat ini situasi kota tetap kondusif, aman dan tertib,” bebernya.

Menjelang Lebaran, Kapolres percaya dengan dukungan seluruh masyarakat maka situasi kota Jayapura pasti aman dan damai.

Kapolres menambahkan, untuk dinamika Kamtibmas yang lain dalam hal ini situasi yang mendukung keamanan kota baik segi ekonomi relatif stabil.

“Harga-harga bahan pokok masih tetap stabil meski ada beberapa yang naik namun tidak begitu signifikan ditambah arus barang yang masuk ke Kota Jayapura dipastikan tercukupi sebelum dan setelah lebaran nanti,” tambahnya.

Untuk situasi kriminalitas Kota Jayapura, dalam 3 minggu terakhir terjadi penurunan yang signifikan dengan pola-pola pengamanan yang telah dibuat sehingga tingkat kejahatan sudah berkurang.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga