Wali Kota : Progres Penggunaan Dana Otsus 80 Persen Cukup Berhasil

Pemerintah Provinsi Papua telah selesai melaksanakan Rapat Kerja (Raker) yang diikuti seluruh Bupati dan Wali Kota, bertempat di Sasana Krida Kantor Gubernur, Jalan Soa Siu, Dok II Jayapura, dan berlangsung selama dua hari (6-7 Juni).
Share it:
DR. Benhur Tomi Mano, MM
Jayapura, Dharapos.com 
Pemerintah Provinsi Papua telah selesai melaksanakan Rapat Kerja (Raker) yang diikuti seluruh Bupati dan Wali Kota, bertempat di Sasana Krida Kantor Gubernur, Jalan Soa Siu, Dok II Jayapura, dan berlangsung selama dua hari (6-7 Juni).

“Sejumlah program menjadi pembahasan pada Raker yang di pimpin Gubernur Papua Lukas Enembe, S.IP, MH termasuk penyampaian hasil-hasil capaian dari penggunaan dana otsus yang diberikan kepada kabupaten/kota sebesar  80 persen,“ ungkap Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM yang dikonfirmasi, Jumat (9/6).

Diantaranya  berkaitan dengan progres di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, bidang infrastruktur dan sejumlah sektor lainnya.

“Khusus untuk Kota Jayapura, progres penggunaan Dana Otsus 80 persen cukup berhasil khususnya pada 4 program besar yang diprogramkan Pemerintah kota,” tandasnya.

Wali Kota  juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Papua karena waktu dan kesempatan yang diberikan selama 40 menit untuk memberikan pemaparan,  dari waktu efektif selama 15 menit.

Pada pemaparan tersebut, pria yang akrab disapa BTM ini menyampaikan inovasi-inovasi baru yang dilakukan oleh Pemkot.

Salah satunya,  di tahun 2015, Pemkot telah melakukan pendataan orang asli Papua berdasarkan marga di Kota Jayapura.

Seperti marga dari 14 kampung yang semuanya telah terdaftar dengan baik dan dikategorikan juga berapa yang sekolah di TK, PAUD, SD, SMP, SMA/SMK termasuk juga perguruan tinggi.

”Pendataan marga yang dilakukan Pemerintah kota ini tentu agar dana otsus kita lebih fokus untuk kegiatan-kegiatan orang asli Papua yang ada di kota Jayapura termasuk pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan infrastruktur,” lanjutnya.

Kota Jayapura, lanjut BTM, telah melakukan pendataan yang di mulai sejak 2017.

“Kita sudah melakukan pendataan orang asli Papua yang ada di kota Jayapura berdasarkan marga dan telah siapkan dana sebesar 500 juta,” lanjutnya.

Olehnya itu, pada kesempatan tersebut BTM mengakui jika pihaknya sangat membutuhkan data dari suku-suku yang ada di 28 kabupaten khususnya melalui beberapa marga yang ada di Kota Jayapura.

“Nantinya juga akan kami lakukan pendekatan dengan tokoh-tokoh masyarakat berbagai suku  asal 28 kabupaten,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments: