Warga Kelurahan Ardipura Terus Giatkan Aktivitas Siskamling

Kelurahan Ardipura, Distrik Jayapura Selatan terus giat melakukan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) sebagai upaya bersama dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban di lingkungan setempat.
Share it:
De’Tresya Sh. C. Ramandey, S.IP
Jayapura, Dharapos.com 
Kelurahan Ardipura, Distrik Jayapura Selatan terus giat melakukan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) sebagai upaya bersama dalam meningkatkan keamanan dan ketertiban di lingkungan setempat.

Sistem tersebut merupakan salah satu cara memberikan perlindungan dan pengamanan bagi masyarakat dengan mengutamakan upaya-upaya pencegahan dan menangkal bentuk-bentuk ancaman dan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Kepala Kelurahan Ardipura, De’Tresya Sh. C. Ramandey, S.IP yang dikonfirmasi, Selasa (27/6) mengakui, aktivitas siskamling di wilayahnya terus dilakukan pada setiap malam, dengan merangkul warga yang sebagian besar anak muda di setiap RT dan RW.

Langkah itu dilakukannya bersama warga setempat mengingat keamanan beberapa bulan terakhir di Kota Jayapura yang kurang kondusif.

“Jadi, kami telah menghimbau kepada warga melalui RT /RW untuk melakukan giat-giat keamanan lewat pos - pos siskamling,” akuinya.

Selain itu juga, menurut Lurah, dirinya rutin melakukan pertemuan dengan seluruh RT /RW di kelurahan Ardipura.

“Pertemuan ini saya gelar dengan tujuan bisa mendapat laporan dari RT/RW bahwa aktivitas siskamling yang dilaksanakan  setiap malam di wilayah masing-masing sudah berjalan dengan baik,” terangnya.

Selain giat melakukan Siskamling, Kelurahan Ardipura juga giat dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan mengerahkan masyarakat di setiap RT/ RW guna menangani kebersihan di lingkungan masing-masing.

“Karena kebersihan merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kota Jayapura yang selalau dikumandangkan Bapak Walikota Jayapura,” sambungnya.

Warga di setiap RT RW pun giat untuk melakukan kerja bakti dan kegiatan ini telah terjadwal pada Jumat - Sabtu di setiap lingkungan masing-masing.

Tegas Lurah, giat poskamling dan bersih lingkungan tersebut sudah dilakukan sejak Wali Kota BTM mulai memimpin Kota Jayapura di periode pertama dan hingga periode kedua ini, giat-giat tersebut masih terus dilanjutkan.

Sementara siskambing pada RW lain yang belum jalan, karena ada beberapa RT yang banyak tidak
membangun Siskamling namun mereka tetap melakukan tugas menjaga keamanan setiap malam.

“Mereka juga sering menyampaikan informasi soal keamanan via sms kepada saya,” beber Lurah.

Ditambahkan pula, pasca terbakarnya Kantor Kelurahan Ardipura hingga saat ini aktivitas Kelurahan masih menggunakan kantor Yamashita.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments: