2019, Dinkes Kota Jayapura Targetkan Seluruh Puskesmas Terakreditasi

Dinas Kesehatan Kota Jayapura menargetkan pada 2019 mendatang seluruh Puskesmas di wilayah tersebut sudah terakreditasi.
Share it:
Arif Dwi Darmanto, M.Kes
Jayapura, Dharapos.com
Dinas Kesehatan Kota Jayapura menargetkan pada 2019 mendatang seluruh Puskesmas di wilayah tersebut sudah terakreditasi.

“Tahun 2019 nanti, kami targetkan semua Puskesmas di Kota Jayapura harus terakreditasi,” tandas Kepala Dinkes setempat Arif Dwi Darmanto, M.Kes yang dikonfirmasi usai pembukaan Pelatihan Manajemen Puskesmas bagi Petugas Kesehatan di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura,  bertempat di Balai Pelatihan PU Provinsi Papua, Senin (10/7).

Pelaksanaan pelatihan tersebut juga bertujuan untuk menunjang atau mendukung target akreditasi Puskesmas nantinya.

Dirincikan, untuk tahun 2017 ini, dua Puskesmas sudah terakreditasi yakni Puskesmas Wina dan Kotaraja.

“Untuk 2018 ditargetkan sebanyak  6 Puskesmas sedangkan tahun  2019 sebanyak 5 Puskesmas sehingga total seluruhnya sebanyak 13,” rinci Kadis.

Direncanakan juga pada Oktober mendatang, tim dari Jakarta  akan turun untuk melakukan verifikasi selama 2 bulan.

Dimana, target di tahun ini adalah akreditasi Paripurna melengkapi 4 tingkatan yaitu akreditasi Dasar, Madya, Utama dan Paripurna.

“Puskesmas Kotaraja dari gambaran yang kita peroleh akan menerima akreditasi tingkat Madya,” sambungnya.

Lebih lanjut, jelas Kadis, syarat untuk 1 Puskesmas terakreditasi yakni seluruh rangkaian pelayanan yang dilakukan oleh Puskesmas mulai dari masyarakat datang berobat hingga pada proses pengobatan terakhir harus tercatat dengan baik.

Dengan kata lain, ada dasar hukum bagi masyarakat untuk bisa melihat berapa lama waktu penyelesaian pelayanan terhadap pasien, berapa tarif yang dikeluarkan karena ada yang gratis dan ada harus dibayar yang kesemuanya terdokumentasi dengan baik.

“Intinya perbaikan total terhadap keseluruhan manajemen Puskesmas yang utama dalam manajemen pelayanan kesehatan, mutu, SDM kesehatan sendiri serta manajemen kepemimpinan kepala Puskesmas,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kesehatan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga