30 Agustus – 1 September, BPS Biak Numfor Data UMK – UMB

Badan Pusat Statistik (BPS) BiaK Numfor menggelar Pelatihan Calon Petugas Sensus Ekonomi Tahun 2016 - Lanjutan Pendataan Usaha Mikro Kecil (UMK) dan Usaha Menengah Besar (UMB).
Share it:
Hamdani, SST 
Biak, Dharapos.Com
Badan Pusat Statistik (BPS) BiaK Numfor menggelar Pelatihan Calon Petugas Sensus Ekonomi Tahun 2016 - Lanjutan Pendataan Usaha Mikro Kecil (UMK) dan Usaha Menengah Besar (UMB).

Kegiatan yang berlangsung sejak 17-21 Juli 2017, berlangsung di ruang pertemuan Hotel Mapia Biak.

Para peserta pelatihan tersebut disiapkan untuk melaksanakan tugas pendataan UMK dan UMB pada 30 Agustus – 1 September mendatang.

Kepala Seksi Neraca Wilayah dan Analisis Statistik BPS Biak Numfor, Hamdani, SST ketika ditemui Beritapapua.Dharapos.com, menjelaskan kegiatan pelatihan ini diikuti 32 peserta yang terdiri dari 8 orang pengawas lapangan dan 24 orang bertugas sebagai PCS atau enumerator.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menghasilkan Profil Ekonomi Daerah seperti mendapatkan data rinci dari pengusaha dan perusahaan yang berada di Biak Numfor baik perusahaan yang kecil hingga perusahaan yang besar,” urainya.

Lanjutnya, untuk pendataan 2017, ada sampel pendataan UMK dan UMB sebanyak 1333 sampel yang terdiri dari UMB sebanyak 52 dan untuk UMK sebanyak 1281 usaha.

“Jadi bisa dikatakan di Biak Numfor Usaha Menengah Besar tergolong masih sedikit,” lanjut Hamdani.

Secara teknis di lapangan, kegiatan pendataannya akan terbagi menjadi 8 tim, dimana untuk 1 tim terdiri dari seorang pengawas lapangan dan 3 orang enumerator.

Pelaksanaan di lapangan sesuai jadwal akan berjalan pada 1 Agustus – 30 September 2017.

Hamdani juga berharap, para petugas yang sudah mengikuti pelatihan ini bisa memegang teguh standar operasional prosedur dan konsep-konsep definisi yang sudah diajarkan sehingga ketika wawancara dengan responden, bisa terekam dengan baik.

Ia juga berharap agar responden yaitu para pengusaha baik UMK maupun UMB dapat dengan proaktif memberikan informasi secara objektif kepada para petugas sehingga data yang dihasilkan nantinya menjadi data yang akurat benar dan baik.

(Hend)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga