Angka Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Pelajar Menurun

Penyalahgunaan narkoba di Kota Jayapura khususnya di kalangan pelajar hingga saat ini mengalamai penurunan.
Share it:
I Wayan Mudiyasa, S.Pd, M.MPd
Jayapura, Dharapos.com
Penyalahgunaan narkoba di Kota Jayapura khususnya di kalangan pelajar hingga saat ini mengalamai penurunan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura I Wayan Mudiasa, S.Pd, M.MPd mengakui berdasarkan hasil survei setiap tahun hanya 2 persen peserta didik yang memakai Narkoba.

Ke depannya, dengan angka sekecil ini, Disdikbud Kota akan terus berperan aktif memberantas barang haram tersebut, dengan cara melakukan sosialisasi kepada anak-anak usia remaja di setiap tahun ajaran baru.

"Dan ini sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu,” akuinya saat dikonfirmasi usai mengikuti acara puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang berlangsung di jantung Kota Jayapura tepatnya di lapangan Imbi, Kamis (13/7).

Dengan sosialisasi yang dilakukan pihaknya setiap tahun ajaran baru, diharapkan para pelajar lebih mengerti dan memahami kalau penggunaan Narkoba itu dampak negatifnya lebih besar dari dampak positif.

“Perlu diketahui pula bahwa selain sosialisasi, kami juga menekan lewat penggunaan telepon genggam termasuk juga pada saat jam sekolah, anak-anak dilarang keluar dari lingkungan sekolah,” sambung Kadis.

Dan upaya ini, lanjut dia, sudah berjalan di beberapa sekolah yang ada di Kota Jayapura. Karena dengan cara ini,  berpeluang besar memutus jaringan pengedar Narkoba.

Pesan penting yang disampaikan pada peringatan HANI ini yang pertama ditekankan kepada kepala sekolah, guru BP, wakasek kesiswaan, pembina dan pengurus OSIS di masing-masing sekolah agar semua harus bergandeng tangan untuk menolak penggunaan Narkoba.

“Kemudian, pada saat jam-jam efektif agar melarang para siswa jangan keluar dari area sekolah sehingga dapat mengurangi kontak dengan para pengedar barang haram ini,” tukas Kadis.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments: