Bupati Sarmi Dorong Setiap Warganya Untuk Berkebun

Panen raya di kampung Mawes Wares, Bupati Sarmi Drs. Eduard Fonataba, MM kembali mendorong warganya di wilayah tersebut untuk berkebun.
Share it:
Bupati Drs. Eduard Fonataba, MM, Dandim 1712/Sarmi, Letkol. Arm. Hendra Pasiriron serta Kapolres AKBP Paul I.
Soukoli bersiap panen raya bersama masyarakat di Kp. Mawes Wares, Distrik Bonggo Timur, Kamis (20/7)
Sarmi, Dharapos.com 
Panen raya di kampung Mawes Wares, Bupati Sarmi Drs. Eduard Fonataba, MM kembali mendorong warganya di wilayah tersebut untuk berkebun.

“Mimpi Pemerintah Daerah Sarmi ke depan, adalah setiap kepala keluarga harus berkebun 50×100 meter untuk menanam tanaman unggulan jangka panjang seperti kelapa dan juga kakao,” dorong Bupati saat memberikan sambutan pada acara panen raya di Kampung Mawes Wares, Distrik Bonggo Timur, Kamis (20/7).

Kemudian, tanaman nangka karena sejak mulai proses tanam hingga panen memakan waktu 3 tahun begitu juga rambutan dan sukun tanpa biji di samping tanaman jangka pendek seperti kacang-kacangan dan umbi-umbian.

Bupati juga minta buah Nati yang merupakan tumbuhan khas orang Bonggo harus tetap ditanam.

Pada momen yang sama, orang nomor satu di kabupaten yang terkenal dengan ombaknya ini tetap mengharapkan dukungan semua pihak baik masyarakat maupun TNI/POLRI agar mimpi menjadi sama dengan Koya, dapat terwujud.

“Karena jika ada komitmen dan kemauan untuk maju maka tentu apa yang menjadi mimpi kabupaten ini pasti akan terwujud,” tukasnya.

Dandim 1712/Sarmi, Letkol. Arm. Hendra Pesireron juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada
Pemda Kabupaten Sarmi atas dukungan yang diberikan sehingga pihaknya dapat melayani masyarakat khususnya Kampung Mawes Wares di bidang pertanian.

“Dalam hal ini, kami dapat membantu dalam membuka lahan pertanian yang menjadi mata pencarian masyarakat di kampung Mawes Wares,” ucapnya.

Sementara itu, Danramil 1712-02/Pantai Timur Lettu Inf. Marno  dalam laporannya mengakui, pihaknya telah membantu masyarakat dalam membuka lahan pertanian di kampung Mawes Wares seluas 5 Ha.

Kemudian Kampung Takar 5 Ha, Kampung Muara Tor 5 Ha dan Kampung Nengke 27 Ha dimana lahan tersebut sudah siap untuk di bajak.

Bupati, Dandim 1712/Sarmi, serta Kapolres bersama masyarakat sementara melakukan panen padi perdana
Bahkan  sebanyak 23 Babinsa telah siap mendampingi petani di wilayah Pantai Timur dan Mawes Wares dalam upaya meningkatkan swasembada pangan.

Danramil pun meminta Bupati dalam mendukung penambahan tenaga penyuluh agar mendampingi Babinsa dalam membantu masyarakat membuka lahan pertanian.

“Setiap tiga bulan akan dilakukan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana perluasan pertanian yang ada di wilayah Koramil Pantai Timur,” sambungnya.

Danramil menambahkan, proses penanaman padi masih dilakukan secara tradisional dan hal itu turut pula menjadi keluhan dari para petani.

“Karena itu, diharapkan bahwa apa yang dilakukan Kodim 1712/Sarmi bersama Koramil bisa membantu pemberdayaan masyarakat hingga berhasil nantinya,” tukasnya.

Pada momen yang sama, Kordinator Penyuluh, Pertanian dan Perikanan Kementrian Pertanian RI, Suripto yang turut hadir pada panen raya tersebut mengatakan Pemerintah  pusat memiliki program menanam kedelai untuk pengembangan kacang tanah.

Hal ini sebagai bagian dari upaya Pempus membangun Kabupaten Sarmi.

“Tetapi harus ada  dukungan dari Dinas Pertanian Kabupaten Sarmi dan diharapkan tahun depan tim sudah bisa menjadi agen mandiri dengan bibit sendiri, tanpa harus mendatangkan bibit dari luar,” sambungnya.

Mimpi Suripto, untuk wilayah  Bonggo SP-5 akan dibuat sedemikian rupa agar menjadi contoh bagi petani lain.

Pihaknya juga menargetkan tahun ini dibuka sawah seluas  100 hektar dengan hasil produksi 2 ton sehingga pada 2018 mendatang hasil yang diperoleh bisa memenuhi kebutuhan pangan di Sarmi.

Penen raya yang ditandai dengan pemotongan padi  secara simbolis oleh Bupati Drs. Eduard Fonataba, MM, Dandim 1712/Sarmi, Letkol. Arm. Hendra Pasiriron  serta Kapolres AKBP Paul I. Soukoli.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga