Dandim 1712/Sarmi Pimpin Panen Raya Buah Naga di Bonggo

Dandim 1712/Sarmi, Letkol Arm. Hendra Pesireron, S.Sos, Bupati Drs. Eduard Fonataba, MM dan Kapolres Sarmi AKBP Paul I. Saukoli bersama masyarakat selaku petani buah naga melakukan panen raya, Kamis (20/7).
Share it:
Dandim 1712/Sarmi, Letkol Arm. Hendra Pesireron, S.Sos bersama ibu saat melakukan panen buah naga
Sarmi, Dharapos.com
Dandim 1712/Sarmi, Letkol Arm. Hendra Pesireron, S.Sos, Bupati Drs. Eduard Fonataba, MM dan Kapolres Sarmi AKBP Paul I. Saukoli bersama masyarakat Bonggo Timur selaku petani buah naga melakukan panen raya, Kamis (20/7).

Panen raya tersebut sebagai tindak lanjut dari pembinaan ketahanan pangan serta upaya pengembangan komoditas buah naga oleh Kodim1712/Sarmi dengan mengambil lokasi di SP 4 Kampung  Wing Jaya, Distrik Bonggo Timur.

Dan menjadi bagian dari tugas pokok TNI sebagai alat pertahanan atau ketahanan nasional dalam mempertahankan dan membangun NKRI berdasarkan Pancasila.

“Juga dalam membangun masyarakat dari berbagai aspek baik ekonomi maupun agama,“ ungkap Dandim dalam sambutan singkatnya sebelum acara panen raya buah naga tersebut.

TNI lanjut dia, dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan merupakan bagian dari upaya pertahanan dan keamanan negara.

Karena itu, aparat Kodim, Koramil dan Babinsa juga harus terus mendukung warga kampung di dalam semua sektor baik pertanian, perekonomian hingga pembangunan.

Salah satunya, dengan mendorong  peningkatan ketahanan pangan di wilayah Bonggo yang di penuhi dengan lahan pertanian.

Dandim pun berharap kepada pengrajin yang sudah lama berkecimpung dan mahir sebagai petani buah naga agar menularkan ilmu tersebut kepada warga lainnya yang juga berkeinginan menjadi petani buah naga agar apa yang di harapan Bupati untuk menyaingi  Arso bisa tercapai.

Hasil buah naga ini, lanjut dia, telah turut menambah penghasilan keluarga para petani.

Dandim juga menghimbau kepada masyarakat agar menggunakan waktu sebaik-baiknya dalam rangka membangun dan mendukung program Pemerintah Kabupaten Sarmi di bawah kepemimpinan Bupati Fonataba.

Pada momen yang sama, Bupati Sarmi Drs Eduard Fonataba menekankan soal ketahanan pangan perlu di bangun dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di bidang pertanian, guna membangun kesejahteraan rakyat secara menyeluruh.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sarmi, Lukas Jakarmilena mengakui tahun 2016 lalu akses jalan masuk ke lokasi kebun buah naga sudah di anggarkan namun karena Dinas PU mengaku akan membangun jalan, sehingga di pindahkan ke SP-5.

“Untuk buah naga saya sudah sikapi, sejak 2015 lalu namun belum juga berhasil tercapai, karena program di tekankan kepada orang Papua namun kenyataannya yang turun lain,” bebernya.

Kadis juga menyampaikan permohonan maaf  kepada masyarakat SP 4 karena janji untuk membangun akses jalan belum tercapai.

Dia juga mengakui cita rasa buah naga yang diperoleh dari SP-4 sangat enak.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments: