Di Papua, Bahasa Indonesia Jadi Pemersatu Ratusan Suku

Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla terus berupaya memperkokoh nilai-nilai persatuan dan kesatuan, serta rasa persaudaraan dan kebersamaan antar sesama anak bangsa dari Sabang hingga Merauke.
Share it:
Acara malam pelepasan  siswa Papua  dan penerimaan siswa  Sulawesi  Utara untuk Program Siswa
Mengenal Nusantara bertempat di  Hotel Horison, Kota Jayapura, Sabtu (22/7)
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla terus berupaya memperkokoh  nilai-nilai persatuan dan kesatuan, serta rasa persaudaraan dan kebersamaan antar sesama anak bangsa  dari  Sabang  hingga Merauke.

Salah satunya dengan mengusung Program Siswa Mengenal Nusantara yang merupakan bagian dari Gerakan Revolusi Mental kedua pemimpin negeri ini dalam menjaga kebersamaan rakyat Indonesia.

Berkaitan dengan itu, Pemerintah Provinsi Papua sangat mendukung atas diselenggarakannya program  yang disponsori PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk.

"Program  Siswa Mengenal Nusantara menjadi salah-satu program yang sangat tepat  sebagai wahana untuk lebih mengenal Nusantara secara utuh, dalam bingkai NKRI," ungkap Gubernur Lukas Enembe, S.IP, MH dalam  sambutan tertulisnya  yang dibacakan  Kepala Biro Otsus Pemprov Papua Aryoko Rumaropen, saat membuka Pelepasan  Siswa Papua  dan Penerimaan Siswa  Sulawesi  Utara  Program Siswa Mengenal Nusantara di  Hotel Horison, Jayapura, Sabtu (22/7).

Turut mendampingi Direktur Hukum dan SDM PT. Semen  Indonesia Persero, Tbk  Agung Yunanto,

Gubernur merincikan, Papua  luasnya tiga  kali Pulau Jawa,  namun jumlah penduduknya hanya 1 persen dari penduduk Indonesia.

Kemudian terdiri dari 29 Kabupaten/Kota, 385 Distrik/Kecamatan, 3,619 Desa/Kampung, 250 Suku, dan  271 Bahasa Daerah.

“Tapi  di Papua  tetap menggunakan bahasa  Indonesia sebagai bahasa persatuan. Kami juga  kaya SDA, jadi silakan belajar  dan  mencari pengalaman di Papua,”  ujarnya.

Ia  mengutarakan,  pihaknya memberikan apresiasi khusus kepada PT. Semen  Indonesia Persero, Tbk atas kontribusinya membangun  negeri melalui  pengenalan kebudayaan bangsa dan peningkatan jiwa kebangsaan yang tinggi melalui Program Siswa Mengenal Nusantara  yang  merupakan bagian dari rangkaian sinergi BUMN hadir untuk negeri.

“Semoga ke depan program ini terus berjalan sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi negeri ini,”  imbuh Gubernur.

Sementara itu, Agung Yunanto menuturkan, Program Siswa Mengenal Nusantara diikuti  dari Papua sebanyak 31 siswa-siswi dan 3 orang pendamping  yang akan dikirim ke Sulawesi Utara.

Demikian  juga dari Sulawesi Utara ada 20 siswa-siswi dan 3 pendamping yang akan mengikuti rangkaian acara di Provinsi Papua.

Tujuan  dari Program Siswa Mengenal Nusantara adalah untuk menanamkan rasa  bangga dan  cinta Tanah Air sejak dini kepada siswa SMA, SMK dan SLB.

“Tak hanya itu saja, untuk lebih  mengenal kekayaan  Nusantara dan potensi daerah melalui interaksi langsung siswa dengan pemerintah dan komponen masyarakat di Provinsi  yang dikunjungi,” tukasnya.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga