Dinilai Berhasil, Peserta Lemhanas Apresiasi Kepemimpinan BTM

Kota Jayapura, yang adalah ibukota Provinsi Papua menjadi salah satu daerah yang di pilih oleh peserta Lemhanas untuk melakukan Studi Strategi Dalam Negeri (SSDN).
Share it:
Suasana pertemuan 30 peserta Lemhanas bersama Pemerintah Kota Jayapura, Senin (17/7) 
Jayapura, Dharapos.com  
Kota Jayapura, yang adalah ibukota Provinsi Papua menjadi salah satu daerah yang di pilih oleh peserta Lemhanas untuk melakukan Studi Strategi Dalam Negeri (SSDN).

Studi tersebut dilakukan guna memperoleh gambaran kondisi wilayah yang berkaitan dengan aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan hankam dari perspektif ketahanan nasional.

Tepatnya, Senin ( 17/7), sedikitnya 30 peserta Lemhanas melakukan pertemuan dengan Pemerintah
Kota Jayapura. dan diterima langsung oleh Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM di dampingi Wakil Wali Kota Ir. H. Rustam Saru, MM,  Wakil Ketua DPRD setempat, Sekda dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemkot Jayapura.

Di momen tersebut Ketua rombongan dan peserta Lemhanas memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Pemkot Jayapura di bawah kepemimpinan DR. Benhur Tomi Mano, MM atau yang akrab disapa BTM.

Mereka berharap nantinya Kota Jayapura akan menjadi contoh di daerah mereka masing-masing para peserta.

Ketua rombongan peserta Lemhanas ,Laksamana Muda TNI Ir. Bambang Nariyono, MM mengakui ketegasan Wali Kota selaku pemimpin yang berani dan tegas di Kota Jayapura dan didukung OPD serta Muspida setempat untuk bagaimana menjaga kota ini karena merupakan bagian integral Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sekali NKRI, tetap NKRI, sekali Merah Putih tetap Merah Putih,” cetusnya.

Menurut Bambang, kepemimpinan dan ketegasan ini harus menjadi contoh kepada daerah lain di Indonesia.

“Kami ingin menggali mana kota-kota yang berhasil dan mana kota yang masih banyak permasalahan. Dan Kota Jayapura harus menjadi contoh untuk kota-kota lain di Indonesia,” tandasnya.

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat kalungkan tas noken khas Papua ke  ketua rombogan Lemhanas
Lebih lanjut, jelas Bambang, kegiatan ini merupakan studi strategis untuk peserta Lemhanas menggali permasalahan daerah dan hasil dari studi ini akan memberikan kontribusi seperti apa gerak-gerik alternatif dalam menemukan solusi dan pemecahannya.

“Kegiatan ini memang dirancang dengan tujuan memberikan kesempatan kepada peserta Lemhanas untuk mempelajari, memahami dan mengkaji potensi daerah dan berbagai permasalahan yang dihadapi daerah itu sendiri yang ditinjau dari aspek kesejahteraan dan keamanan,” jelasnya.

Untuk itu, diharapkan melalui kegiatan ini, peserta dapat memperoleh gambaran kondisi wilayah yang berkaitan dengan aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan hankam dari perspektif ketahanan nasional.

Ditambahkan rombongan Lemhanas terbagi dalam 5 kelompok masing-masing Sumatera Utara, Riau Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan dan Kelompok Papua khususnya Kota Jayapura.

Diharapkan juga melalui SSDN ini para peserta dapat memberikan kontribusi positif serta mencari solusi terbaik guna mengantisipasi perubahan dinamika sosial dalam masyarakat dengan tetap mempertahankan nilai-nilai dan sikap perilaku yang selalu berlandaskan pada empat konsensus dasar yang telah disepakati yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika , UUD 1945 dan NKRI.

Rombongan Lemhanas yang datang sebanyak 30 orang  yang terdiri dari 7 orang dari lembaga dengan 23 peserta dari berbagai lembaga seperti TNI/Polri, akademisi, BKKBN, Kementerian ESDM, tokoh agama, partai politik dan Ormas.

Turut pula 2 peserta dari negara sahabat yakni ARMY Laos dan satunya juga dari Singapura.

Salah satu peserta, Desi memberikan apresiasi kepada kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jayapura.

Foto bersama usai pertemuan
Peserta perempuan satu-satunya ini bahkan berharap agar ke depan putra ali Port Numbay ini bisa menjadi Gubernur Papua.

“Satu  konsep yang dapat disimpulkan dari apa yang dipresentasikan oleh Wali Kota menurut saya sangat luar biasa. Dan dapat saya simpulkan bahwa pemimpin harus punya ketegasan tanpa ragu,” tukasnya.

Wali Kota yang dikonfirmasi mengakui kedatangan 30 peserta Lemhanas  Indonesia di Kota Jayapura.

“Dan selaku Wali Kota, saya merasa bangga karena Kota Jayapura dipilih sebagai salah satu lokus bagi peserta Lemhanas,” ucapnya.

Pada pertemuan itu, telah dijelaskan kondisi Kota Jayapura dan juga visi misi Pemerintah serta kebijakan-kebijakan maupun isu-isu strategis dan juga raihan pencapaian di ibukota provinsi Papua ini.

“Respon dari peserta Lemhanas sangat luar biasa terhadap kinerja Pemerintah kota dalam mengembangkan semua potensi daerah dan juga keamanan dan ketertiban serta capaian-capaian yang telah diraih,” tandasnya.

Berbagai capaian yang disampaikan,  langsung mendapat apresiasi dari  peserta Lemhanas.

“Salah satunya, karena IPM Kota Jayapura mencapai 78,04 persen dan juga kemajuan di bidang ekonomi serta bagaimana Pemerintah kota  menata harga-harga barang termasuk BBM di Kota Jayapura,” sambungnya.

Tak ketinggalan pula, apresiasi peserta Lemhanas terhadap ketenteraman dan keamanan Kota Jayapura.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga