Dinkop UKM – Dekopimda Biak Numfor Gelar Pelatihan Bantu Koperasi

Dinas Koperasi, UKM Kabupaten Biak Numfor bekerja sama dengan Dekopinda setempat menggelar pelatihan Dasar-Dasar Administrasi Pembukuan kepada sejumlah pengurus dan Pengelola koperasi, Jumat (8/7).
Share it:
Kadis Koperasi & UKM, Abdul Manan (tengah) dan Ketua Dekopinda, Johanes Amboky, SE (kanan)
saat kegiatan pelatihan Dasar-dasar Administrasi Pembukuan kepada sejumlah pengurus
dan pengelola Koperasi di Kabupaten Biak Numfor  
Biak,  Dharapos.com 
Dinas Koperasi, UKM Kabupaten Biak Numfor bekerja sama dengan Dekopinda setempat
menggelar pelatihan Dasar-Dasar Administrasi Pembukuan kepada sejumlah pengurus dan Pengelola koperasi, Jumat (8/7).

Kegiatan pelatihan Ini bertempat di aula Kantor Dinas Tenaga Kerja Biak Numfor.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Biak Numfor Abdul Manan kepada Beritapapua.Dharapos.com, mengatakan pelatihan ini sangat strategis dan bagus untuk gerakan Koperasi karena sumber pengambilan keputusan berada pada pembukuan yang dilakukan oleh Koperasi.

“Pembukuan dasar sangat membantu pengurus dalam pembuatan laporan seperti neraca, neraca lajur dan laporan keuangan rugi- laba,” urainya.

Diakuinya, banyak koperasi tidak melakukan rapat anggota di tahun 2017 ini dikarenakan terbentur pembuatan laporan keuangan.

“Pembuatan laporan kalau tidak dilatih dari sisi pembukuan khususnya akuntansi koperasi adalah menjadi hal yang tidak mungkin terjadi,” sambungnya.

Masih menurut Kadis, pengelola koperasi wajib memahami pembukuan walaupun sederhana saja sebagai alat pengambil keputusan atau membuat keputusan-keputusan dalam usaha.

Terkait jumlah koperasi yang ada di Biak Numfor, dirincikan menjelaskan bahwa jumlah koperasi yang terdata sampai tahun 2017 sebanyak 250 koperasi.

Namun yang masih aktif hanya berjumlah 100 lebih koperasi dan hal ini mendapat sorotan dari Kementerian Koperasi RI sehingga koperasi yang tidak aktif akan dibubarkan.

Dirincikan Kadis, yang tetap eksis hingga saat ini seperti koperasi fungsional TNI, koperasi POLRI, Koperasi KPN, Koperasi Pegawai Negeri. Kenapa demikian? Karena jelas ada pendapatan bulanan yang pasti.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Dekopinda Biak Numfor Yohanes Amboky, SE, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan mutu dari pengelola koperasi itu sendiri.

Hal ini dikarenakan berdasarkan pengamatan Dekopinda bahwa SDM dalam pengolahan koperasi khususnya manajemen pembukuan dan keuangan masih sangat lemah di lingkungan pengelola koperasi di daerah ini.

Ia berharap agar seusai mengikuti pelatihan ini peserta dari masing-masing koperasi dapat mampu melakukan manajemen pembukuan keuangan dengan baik sehingga pada akhirnya dapat menampilkan suatu laporan keuangan yang benar-benar sesuai dengan apa yang diinginkan oleh aturan-aturan perkoperasian.

Johanes menjelaskan bahwa sampai saat ini jumlah koperasi yang menjadi anggota aktif di Dekopinda Biak Numfor sebanyak 63 koperasi.

Diharapkan, ke kedepan dapat menghimpun koperasi-koperasi yang ada, bahkan koperasi yang tidak aktif juga akan diusahakan untuk dapat dibangkitkan kembali lagi melalui kerjsama Dekopinda dan Dinas Koperasi UKM Biak Numfor.

(Hend)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments: