Isi Liburan Sekolah, Satgas Yonif 405/SK Dongengkan Cerita Buat Anak-anak

Guna menanamkan jiwa persatuan dan kesatuan sejak dini di daerah perbatasan RI-PNG, Dansatgas Yonif 405/Surya Kusuma memberikan dongeng legenda rakyat kepada anak-anak di wilayah Kabupaten Boven Digoel.
Share it:
Antusias serta kegembiraan terpancar dari wajah mereka saat mendengarkan dongeng dari Dansatgas
Yonif 405/SK tentang seorang tokoh ksatria dari Kerajaan Majapahit yaitu Patih Gajah Mada
Boven Digoel, Dharapos.com
Guna menanamkan jiwa persatuan dan kesatuan sejak dini di daerah perbatasan RI-PNG, Dansatgas Yonif 405/Surya Kusuma memberikan dongeng legenda rakyat kepada anak-anak di wilayah Kabupaten Boven Digoel.

Kegiatan yang digelar di halaman Pos Kout Satgas Yonif 405/SK tersebut diikuti oleh puluhan anak-anak yang sering berkunjung ke Pos Kout yang saat ini sedang liburan sekolah.

Aksi yang dilakukan personel Satgas Pamtas tersebut menunjukkan kepedulian mereka yang tidak hanya bertugas menjaga keamanan tapi lebih dari ikut ambil bagian dan berperan aktif dalam melakukan pembinaan generasi penerus bangsa sejak usia dini.

Tampak antusias serta kegembiraan terpancar dari wajah mereka saat mendengarkan dongeng dari Dansatgas Yonif 405/SK tentang seorang tokoh ksatria dari Kerajaan Majapahit yaitu Patih Gajah Mada.

Dalam dongengnya, Dansatgas Yonif 405/SK mengisahkan bahwa Patih Gajah Mada adalah seorang Patih yang mempunyai kemampuan yang hebat dan memiliki loyalitas tinggi kepada rajanya.

Hal ini ditunjukkan dengan keberhasilannya menumpas pemberontakan-pemberontakan di kerajaan Majapahit, sehingga Patih Gajah Mada diangkat sebagai Amangkhubumi.

Pada saat upacara pelantikan Amangkhubumi, Gajah Mada bersumpah bahwa dirinya tidak akan merasakan palapa (semacam garam atau rempah-rempah atau bisa juga diibaratkan dengan kenikmatan) sebelum menyatukan nusantara.

Sumpah itu terkenal dengan sebutan Sumpah Palapa. Sumpah itupun akhirnya terwujud, Patih Gajah Mada berhasil menyatukan nusantara.

Dansatgas kemudian berpesan, generasi muda hendaknya dapat mencontoh semangat dan kegigihan Patih Gajah Mada untuk mempersatukan nusantara.

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar yang terdiri dari berbagai suku bangsa, agama dan budaya.

“Mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan guna mewujudkan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai ini, seperti Patih Gajah Mada dalam mewujudkan Sumpah Palapa,” tukasnya.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga