Jalan Rusak Penyebab Pendapatan Pedagang Pasar Youtefa Berkurang

Kondisi jalan di Pasar Youtefa kini mengalami kerusakan yang cukup parah.
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM dan Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan Saru, MM saat meninjau pasar Youtefa
Jayapura, Dharapos.com
Kondisi jalan di Pasar Youtefa kini mengalami kerusakan yang cukup parah.

Hal ini dinilai menjadi salah satu penyebab pendapatan para pedagang di lokasi tersebut menjadi berkurang atau menurun.

“Hari ini saya bersama Wakil Wali Kota datang untuk melihat kondisi pasar Youtefa dimana jalannya rusak cukup parah. Dan tentu kondisi ini juga mempengaruhi pemasukan bagi pada penjual karena para pembeli enggan datang ke pasar ini,” bebernya Wali Kota, DR. Benhur Tomi Mano, MM disela-sela meninjau lokasi pasar, Kamis (20/7).

Diakuinya, Pemerintah pusat melalui Kementrian Perdagangan RI telah mengucurkan bantuan untuk membangun pasar.

“Dan itu sudah kami lakukan yaitu pembangunan pasar Mama Papua di Kotaraja tepatnya di belakang kantor Majelis Rakyat Papua,” akui Wali Kota.

Tahap pertama sudah selesai di bangun yaitu los ikan dan daging dan secepatnya para penjual khusus ikan dan daging akan dipindahkan ke pasar tersebut.

Wali Kota didampingi Wakil Wali Kota saat menyampaikan keterangan pers
“Selanjutnya langkah yang kita lakukan yaitu penataan lahan dan tempat. Dalam hal saya akan instruksikan personel Satuan Polisi Pamong Praja yang dibantu aparat kepolisian untuk melarang para penjual ikan dan daging juga mama Papua berjualan di Pasar Youtefa,” tegasnya.

Langkah tersebut akan dilakukannya, karena pada lokasi pasar yang baru seluruh fasilitas telah tersedia antara lain ruang tempat menyusui anak, kemudian suplai air bersih lancar dan juga disediakan tempat untuk memasak.

Direncanakan pada tahap kedua, akan dibangun pasar buah di lokasi tersebut dan juga pasar induk pada 2018 mendatang.

“Sehubungan dengan bangunan yang tidak di tempati di pasar Youtefa, saya akan perintahkan Dinas Pekerjaan Umum serta Dinas Perdagangan untuk mendata bangunan-bangunan tersebut dan yang tidak digunakan akan kami runtuhkan,” sambungnya.

Karena kalau tidak diruntuhkan, dikuatirkan masyarakat sekitar akan memanfaatkannya sebagai tempat perjudian dan mabuk-mabukan.

“Ke depan langkah pertama yang kami ambil untuk mengatasi banjir di pasar Youtefa , yaitu kami akan melakukan penimbunan jangka pendek. Dan juga akan dilakukan pengerokan pada saluran-saluran yang tersumbat agar ke depannya para penjual dan pembeli merasa nyaman bila berada di pasar ini,” tukasnya.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments: