Jelang Pilkada 2018, Kamtibmas di Sarmi Aman dan Kondusif

Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Sarmi, Kodim 1701/Sarmi bersama Pemerintah daerah setempat terus bersinergi dalam rangka menjaga wilayah kabupaten tersebut tetap aman dan kondusif.
Share it:
Kapolres AKBP. Paul I. Soukoli (kedua dari kanan) di dampingi istri bersama Bupati dan Dandim 1712/Sarmi
saat acara panen raya di Kampung Mawes Wares, Distrik Bonggo Timur, Kamis (20/7)
Sarmi, Dharapos.com 
Jajaran Kepolisian Resort (Polres) Sarmi, Kodim 1712/Sarmi bersama Pemerintah daerah setempat terus bersinergi dalam rangka menjaga wilayah kabupaten tersebut tetap aman dan kondusif.

Terlebih situasi menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Maluku pada 2018 mendatang dimana saat ini telah dilakukan proses pentahapan bagi para bakal calon yang dipastikan berdampak pada suhu politik yang mulai meningkat.

Kapolres Sarmi, AKBP Paul I. Soukoli, yang dikonfirmasi usai kegiatan panen raya Buah Naga yang berlokasi di SP 4, Kampung  Wing Jaya, Distrik Bonggo Timur, Kabupaten Sarmi, memastikan situasi dan kondisi keamanan di Kabupaten Sarmi hingga saat ini masih tetap aman dan kondusif.

“Kondisi ini tetap terjaga mulai sejak pemilihan Bupati hingga proses pelantikan dan sampai saat ini
masih tetap aman dan kondusif,” terangnya, kepada Beritapapua.Dharapos.com, Jumat (21/7).

Meski demikian, pihaknya tetap melakukan langkah-langkah dalam upaya menjaga kamtibmas di seluruh wilayah Kabupaten Sarmi seperti melakukan patroli di tengah masyarakat sampai ke kampung-kampung.

Selain itu juga, jajarannya rutin mendatangi setiap masyarakat untuk mendengarkan keluhan-keluhan khususnya terhadap pelayanan Polri maupun pelayanan Pemerintah daerah hingga kegiatan patroli dialogis di malam hari.

“Saya pastikan bahwa  kondisi Kabupaten Sarmi tetap aman dan kondusif sampai saat ini,” bebernya.
Walau menurutnya, situasi yang menonjol saat ini hanyalah persoalan hak ulayat seperti aksi pemalangan oleh warga yang tetap dalam pengawasan jajaran Polres Sarmi.

Namun setelah Bupati Kabupaten Sarmi dilantik dan mulai bertugas semua hak-hak masyarakat sudah direalisasikan oleh Pemerintah setempat.

“Jika dibandingkan dengan tahun lalu, banyak sekali terjadi aksi pemalangan oleh warga karena hak-hak mereka yang terlambat direalisasikan,” sambung Kapolres.

Contoh lainnya, hak masyarakat terkait keterlambatan penyaluran dana Kampung juga sempat terjadi gesekan kecil di masyarakat.

“Tetapi semua bisa diatasi pihak Polres yang di back- up  Kodim 1712/Sarmi bersama Pemerintah daerah setempat,” bebernya.

Lebih lanjut, jelas Kapolres, menghadapi Pilkada 2018 mendatang yang telah dimulai penahapannya seperti pemasangan baliho bagi bakal bakal calon gubernur, pihaknya bersama Kodim 1712/Sarmi tetap berupaya menjaga dan memelihara situasi keamanan di wilayah tersebut.

Ia pun menghimbau agar semua proses dapat berjalan sesuai aturan, bahkan pihaknya telah dari awal menyarankan tim-tim sukses untuk melakukan koordinasi dengan Pemda Sarmi dalam hal ini Dinas Tata Kota setempat.

Kapolres juga menyinggung soal hubungan kerjasama Polres Sarmi, Kodim Sarmi dan Pemda sejak dirinya menjabat sebagai orang nomor satu di institusi kepolisian setempat mulai Mei 2016 lalu hingga saat ini sangat harmonis.

“Setiap ada permasalahan, saya, Bupati dan Dandim kami selalu melakukan diskusi untuk bersama-sama mencari solusi. Bahkan secara khusus Bupati sering mengundang saya dan Dandim untuk berdiskusi bersama,” tandasnya.

Terkait peredaran miras, pihaknya telah menyerahkan kepada Bupati dengan pihak DPRD Kabupaten Sarmi untuk segera melakukan penertiban.

Bahkan para tokoh agama juga telah mendorong dan mendesak agar miras harus ditertibkan termasuk toko-toko yang menjajakan harus ditutup.

Diakuinya, langkah yang akan dilakukan Bupati dan DPRD dalam waktu dekat yaitu mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sarmi untuk penertiban dan penutupan minuman keras

“Namun langkah awalnya, Bupati akan mengeluarkan surat edaran untuk menertibkan peredaran minuman keras,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga