KKIG Provinsi Papua Gelar Halal bi Halal

Halal bi Halal sudah menjadi tradisi bagi umat Muslim di Indonesia, dimana tradisi usai perayaan hari raya Idul Fitri ini telah diwariskan oleh para pendahulu bangsa, oleh ulama dan kaum nasionalis di awal kemerdekaan.
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat memberikan sambutan pada Halal bi Halal KKIG Provinsi Papua
Jayapura, Dharapos.com 
Halal bi Halal sudah menjadi tradisi bagi umat Muslim di Indonesia, dimana tradisi usai perayaan hari raya Idul Fitri ini telah diwariskan oleh para pendahulu bangsa, oleh ulama dan kaum nasionalis di awal kemerdekaan.

Tradisi ini pula yang kemudian dilaksanakan oleh Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Papua di Gedung LPTQ Kotaraja, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Minggu (16/7).

Satu bulan penuh umat Muslim di Kota Jayapura berhasil menunaikan ibadah puasa dengan menahan lapar dan haus , hingga  mencapai fitrah.

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM mengakui jika dirinya bersama Dandim 1701 Jayapura dan
Kapolres Jayapura kota berupaya untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Muslim selama menjalankan ibadah puasa, shalat tarawih, sahur sholat Ied di masjid mushola dan lapangan terbuka hingga momen Idul Fitri.

“Bahkan juga pemuda-pemuda Nasarani ,digerakan untuk turut menjaga dan mengawal pelaksanaan di lapangan terbuka, masjid dan Mushola yang digunakan umat Muslim untuk melaksanakan shalat Ied, “ akuinya pada acara Halal Bi Halal KKIG Provinsi Papua.

Ini merupakan wujud Papua sebagai tanah damai,  wujud kerukunan dan toleransi antar umat beragama khususnya di Kota Jayapura.

Kepada  seluruh warga Gorontalo, Wali Kota mengajak untuk bersama menjaga toleransi dan kerukunan antar umat beragama di Kota Jayapura.

“Mari kita cintai alam lingkungan dan sesama kita sebagai umat ciptaan Tuhan. Karena Papua adalah tanah damai, tanah yang diberkati dimana didalamnya ada orang-orang Gorontalo yang hidup berdampingan dengan masyarakat lainnya di rumah ini, serta ikut merasakan dan memiliki kota ini,”urainya.

Pria yang akrab disapa BTM ini juga mengingatkan warga Gorontalo untuk tidak membuang sampah sembarangan dan tidak menjadikan kali sebagai tempat sampah jika punya rasa memiliki kota ini, serta ikut berpartisipasi dalam pembangunan.

Ketua KKIG Provinsi Papua, Ny. Merlan Uloli, SE, MM mendampingi Wali Kota dan para tamu undangan
lainnya dalam momen Halal bi Halal yang diselenggarakan KKIG Provinsi Papua, Minggu (16/7)
Kepada Ketua KKIG Provinsi Papua dan Kota Jayapura, dirinya meminta untuk mendata secara baik berapa orang Gorontalo yang tinggal di negeri berjuluk Port Numbay ini.

“Karena ini merupakan wadah untuk saling memperhatikan satu dengan yang lain serta saling tolong menolong antara satu dengan yang lainnya,” dorongnya.

BTM pada kesempatan tersebut menjabarkan program 5 tahun ke depan dimana yang menjadi fokus pertama yaitu ingin memberikan rasa aman kepada warga kota Jayapura sebagaimana yang telah dimulai pada 5 tahun pertama dengan membangun sejumlah pos keamanan.

Di momen yang sama, Ketua KKIG Provinsi Papua, Ny. Merlan S. Uloli, SE, M.Si juga mengatakan, Orang-orang Gorontalo yang merantau di tanah Papua adalah mereka yang berani untuk mengadu nasib di tanah orang.

“Dan Alhamdulillah, kami bisa diterima di tanah Port Numbay. Olehnya itu, kami bersyukur kepada Tuhan karena kami mendapat apa yang kami peroleh hingga kepercayaan yang diberikan kepada kami orang-orang Gorontalo yang mengabdi di tanah Papua khususnya di Kota Jayapura,” ucapnya.

Selaku ketua KKG Provinsi Papua, dirinya mengaku selalu menghimbau kepada seluruh warga
Gorontalo untuk menjadi penduduk yang taat dan setia terhadap program-program pemerintah.

Ia berharap kepada seluruh warga Gorontalo khususnya mereka yang baru tiba di Kota Jayapura untuk menaati aturan Pemkot yaitu harus wajib e-KTP.

Ny. Merlan pun pada kesempatan tersebut mengingatkan bagi warga yang ingin pindah dan menetap di Kota Jayapura harus meminta surat pindah dari Pemerintah daerah setempat dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gorontalo.

“Saya ingin sampaikan juga bahwa warga Gorontalo harus bisa menjadi contoh dan panutan bagi warga kota lain untuk mensukseskan program Pemerintah Kota Jayapura di bidang kependudukan,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments: