Kosek Hanudnas IV Biak Gelar Latihan Pertahanan Udara

Kosek Hanudnas IV Biak menggelar Latihan Pertahanan Udara Kilat D, Cakra D dan Perkasa D Tahun 2017.
Share it:
Pangkosek Marsekal Pertama TNI H. Dumex Dharma saat menggelar jumpa pers terkait pelaksanaan Latihan 
Pertahanan Udara Kilat D, Cakra D dan Perkasa D Tahun 2017 oleh Kosek Hanudnas IV Biak
Biak, Dharapos.Com
Kosek Hanudnas IV Biak menggelar Latihan Pertahanan Udara Kilat D, Cakra D dan Perkasa D Tahun 2017.

Rangkaian kegiatan, operasi dan latihan Kosek Hanudnas IV Tahun 2017 telah dimulai sejak 26 Juli hingga 1 Agustus 2017.

Latihan tersebut dibagi dalam dua tahap meliputi Latihan Kilat yang dilaksanakan pada 27 Juli dan dilanjutkan latihan Cakra pada 28 Juli.

Selanjutnya Latihan Perkasa akan dimulai pada 31 Juli dan berakhir pada 1 Agustus 2017.

Pada jumpa pers sebelum latihan digelar, Pangkosek Marsekal Pertama TNI H. Dumex Dharma mengatakan bahwa Kosek Hanudnas IV adalah bagian dari Komando Pertahanan Udara Nasional yang harus bisa menegakkan kedaulatan dan mempertahankan keutuhan wilayah udara nasional.

Untuk itu, gelaran operasi dan latihan pada tahun 2017 ini sesuai dengan program kerja dari Kosek Hanudnas IV di Bidang Operasi Latihan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan personil.

Dalam hal ini, Kosek Hanudnas IV dan jajarannya dalam mengamankan wilayah udara yuridiksi nasional yang merupakan tanggung jawab Kosek Hanudnas IV di Wilayah Timur Indonesia.

“Agar operasi dan pelatihan yang akan dilaksanakan Kosek Hanudnas IV ini dapat berjalan dengan baik, tentunya sudah dilaksanakan tahapan-tahapan persiapan baik dari perencanaan sampai dengan pelaksanaan yang terkoordinasi antara semua unsur atau pihak yang terlibat dalam operasi dan latihan ini,” urainya.

Latihan kilat merupakan latihan perorangan yang bertujuan untuk menguji dan mengasah kemampuan personil Satuan Radar (Satrad) yang berada di bawah Kosek Hanudnas IV.

Dengan penerbang pesawat tempur yang akan datang adalah pesawat Sukhoi dari Skadron XI Lanud Hasanudin Makassar.

Unsur yang terlibat langsung adalah Satuan Radar (Satrad) 242 Tanjung Barari.

Kemudian, Latihan Cakra bertujuan untuk menguji tingkat kesiapan operasional satuan di seluruh jajaran Kosek Hanudnas IV dalam menghadapi situasi ataupun tugas yang diberikan dalam rangka menjaga kedaulatan di wilayah udara nasional, khususnya di wilayah timur. Dan selanjutnya hasil dari latihan ini dapat meningkatkan profesionalisme prajurit di jajaran Kosek Hanudnas IV.

Adapun unsur-unsur yang terlibat dalam kegiatan latihan kali ini adalah unsur tempur, tiga pesawat tempur Sukhoi dari Skadron XI dan pesawat angkut Boeing 737, pesawat C130 Hercules, pesawat CN295 dan Helikopter SA330 untuk dukungan SAR.

Kemudian melibatkan  Satrad-satrad dibawa jajaran Kosek Hanudnas IV yaitu Satrad 242 Tanjung Barari, 243 Timika, Lanud Manuhua, Batalyon Komando 46 Paskhas dan Bandara Frans Kaisiepo, dimana seluruh pendukung pada latihan ini berjumlah 535 orang.

Seluruh alusista dan kru yang mendukung dalam latihan ini dalam kondisi yang baik dan siap melaksanakan latihan.

Dalam latihan yang digelar ini sekaligus untuk latihan Pertahanan Udara di Wilayah Kosek Hanudnas IV dimana akan digelar Simulasi Pertahanan Udara yang mana dalam latihan ini disimulasikan akan ada serangan udara dari pihak asing.

(Hend DK)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga