KPU Papua: Paslon TOFAN Teratas di PSU Pilkada Yapen

Pasangan Tonny Tesar, S.Sos dan Frans Sanadi dengan jargon TOFAN berhasil unggul dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Kepulauan Yapen 2017.
Share it:
Komisioner KPU Papua, Tarwinto
Serui, Dharapos.com
Pasangan Tonny Tesar, S.Sos dan Frans Sanadi dengan jargon TOFAN berhasil unggul dalam Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Kabupaten Kepulauan Yapen 2017.

Kepastian tersebut diperoleh usai digelarnya pleno yang berlangsung di Kantor KPU Kepulauan Yapen pada Sabtu (29/7).

Pleno dilaksanakan oleh KPU Provinsi Papua yang telah diberi mandat untuk mengambil alih proses pelaksanaan PSU.

TOFAN berhasil meraup suara terbanyak 27.391 suara dalam pleno rekapitulasi penghitungan suara hasil PSU di 17 Distrik Pilkada Kepulauan Yapen yang terpantau berjalan alot, dimulai sejak pukul 16.30 dan berakhir pukul 23.00 WIT, dengan pengawalan ketat aparat keamanan.

Menyusul kemudian pasangan nomor urut 5, Benyamin Arisoy - Nathan Bonay dengan 23.552 suara.

Komisioner KPU Papua, Tarwinto yang dikonfirmasi mengakui meski diwarnai protes, proses pleno berjalan lancar.

“Walau sempat mendapat protes dari saksi paslon nomor 5 atas nama Benyamin Arisoy - Nathan Bonay, dan paslon 4 atas nama  Simon Atururi - Isak Semuel Worobay, pleno berjalan lancar,” akuinya.

Tarwinto mengungkapkan alasan para saksi, karena semua pelanggaran masih berproses di Bawaslu, dan juga dikarenakan KPU memajukan jadwal rekapitulasi penghitungan suara dari tanggal 1 - 3 Agustus. Namun dimajukan ke tanggal 29 Juli 2017.

“Tapi pada intinya proses rekapitulasi walau berjalan sejak sore hingga tengah malam akhirnya semua bisa berjalan dengan lancar. Selanjutnya hasil rekapitulasi ini akan diserahkan ke Mahkamah Konstitusi,” bebernya.

Usai mengikuti dan mendengarkan rapat pleno rekapitulasi KPU Papua, calon Bupati, Tonny Tesar, S.Sos bersama seluruh mesin politiknya, tim sukses, tim relawan dan simpatisan menggelar doa bersama di Hotel Kelapa Dua.

Ia mengajak seluruh masyarakat supaya tenang setelah rapat pleno.

“Saya minta untuk tidak membuat eforia yang berlebihan atas kemenangan ini, mari pulang dengan tenang  dan aman ke rumah tangga dan keluarga masing-masing,” ajaknya.

Ditambahkan,kemenangan TOFAN adalah kemenangan seluruh masyarakat yang mendiami Yapen.

Info data hasil rekapitulasi penghitungan suara di 17 distrik yaitu, paslon nomor urut 1, Tony Tesar - Frans Sanadi meraih sebanyak 27.391 suara, nomor urut 2 Yulianus Klemen Waromi - Zefanya Yeuwun 110 suara , nomor urut 3 Marthen Kayoi - Aser Paulus Yowei 345 suara, nomor urut 4 Simon Atururi - Isak Semuel Worobai 1.588, nomor urut 5 Benyamin Arisoy - Nathan Bonay sebanyak 23.552 suara, dan nomor urut 6, Melkianus Laviano Doom - Saul Ayomi sebanyak 740 suara.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga