Meski Belum Merata, Sektor Pendidikan di Papua Mulai Tunjukkan Hasil

Pembangunan sektor pendidikan di Papua telah mulai menunjukkan hasil dengan berbagai perkembangan yang positif meski pemerataannya belum berjalan baik.
Share it:
Elias Wonda, S.Pd, MH
Jayapura, Dharapos.com
Pembangunan sektor pendidikan di Papua telah mulai menunjukkan hasil dengan berbagai perkembangan yang positif meski pemerataannya belum berjalan baik.

Dukungan alokasi dana Otonomi Khusus (Otsus) yang digelontorkan ke kabupaten/kota di provinsi paling timur Indonesia ini dinilai menjadi salah satu faktor penting dari hasil yang kini mulai terlihat.

“Dengan alokasi dana yang turun ini, kita lihat banyak SD hingga SMA/SMK yang dibangun, sehingga anak usia sekolah bisa bersekolah, termasuk pendidikan anak usia dini (PAUD, red), serta siswa/i yang kami kirim ke luar Papua,” papar Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Elias Wonda, S.Pd, MH yang dikonfirmasi, Senin (10/7).

Bahkan kini minat anak usia dini untuk mengenyam pendidikan di Papua juga sudah menunjukkan hasil yang signifikan.

Tak hanya itu saja,  pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai angka 1,40 persen tertinggi di Indonesia meski secara akumulasi masih harus diperjuangkan.

Diakuinya, era kepemimpinan Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP,MH dan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal,SE,MM telah membawa terobosan di berbagai sektor termasuk pendidikan.

“Dengan besaran dana yang dikucurkan telah membuka ruang pertumbuhan sekolah mulai dari jenjang SD-SMA/SMK yang hampir merata di setiap distrik, sehingga paling tidak anak-anak di kampung bisa bersekolah,” sambung Wonda.

Pihaknya mengharapkan berbagai program yang telah diusung Pemprov dapat meningkatkan SDM Papua secara berkelanjutan.

“Kami bekerja demi memenuhi visi misi dari Gubernur dan Wakil gubernur,” tukasnya.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga