Pelindo 4 Alokasikan Anggaran 96 M Perpanjang Dermaga Biak

PT. Pelindo 4 Lokomotif Indonesia Timur Cabang Biak resmi memulai pembangunan perluasan dermaga setempat.
Share it:
 I Nengah Suryana Jandra 
Biak, Dharapos.com
PT. Pelindo 4 Lokomotif Indonesia Timur Cabang Biak resmi memulai pembangunan perluasan dermaga setempat.

Pemancangan tiang dermaga perdana telah dilakukan oleh Bupati Biak Numfor, Thomas AE. Ondy pada Kamis (20/7).

Besaran anggaran yang dialokasikan PT Pelindo setempat untuk membangun dermaga Biak mencapai Rp. 96 Miliar yang akan digulirkan selama 2 tahun anggaran masing-masing 2017 dan 2018.

GM. PT Pelindo 4 Cabang Biak, I Nengah Suryana Jandra yang ditemui Beritapapua. Dharapos.com di ruang kerjanya, Jumat (21/7) membenarkan hal tersebut.

“Pemancangan tiang dermaga yang dilakukan Kamis kemarin adalah pemancangan dermaga untuk kapal penumpang,” terangnya.

Lanjut Suryana, pembangunan dermaga ini merupakan perbaikan akibat sempat mengalami kerusakan saat gempa bumi pada 1996 lalu, dan pada tahun 2017 ini baru dialokasikan anggarannya untuk proses pembangunan.

Diperkirakan pembangunan dermaga ini sudah terselesaikan pada Januari 2018 mendatang tetapi diharapkan Desember 2017 sudah bisa digunakan untuk angkutan penumpang Natal dan  tahun baru nanti.

“Harapan kami aktivitas pengangkutan penumpang maupun peti kemas bisa lebih lancar, lebih efisien dan lebih efektif dengan fasilitas dermaga yang lebih baik,” harapnya.

Suryana merincikan ukuran dermaga yang dibangun memiliki panjang 142 meter dan lebar 20 meter dengan kemampuan menahan beban seberat 80 ton termasuk bongkar muat kontainer juga dapat dilakukan di dermaga ini.

Pria asal Pulau dewata Bali ini juga pada kesempatan tersebut juga meminta maaf pengguna jasa transportasi laut atas keterbatasan area dermaga terkait kedatangan dan keberangkatan penumpang kapal laut.

“Saat ini kami juga masih menggunakan fasilitas darurat yaitu gudang yang sudah dimodifikasi dan dilayakkan sebagai terminal penumpang yaitu dengan menyediakan fiasilitas di dalamnya guna keamanan dan kenyamanan penumpang,” akuinya.

Diharapkan pula dengan adanya dermaga baru, perekonomian di Kabupaten Biak Numfor bisa lebih meningkat seperti arus barang dan arus peti kemas bisa meningkat dengan fasilitas yang sudah disediakan di pelabuhan.

Dengan adanya dermaga baru ini pelaku usaha akan dirangsang sehingga bisa mendatangkan barang ke Biak.

“Bukan saja pelaku usaha tetapi juga pemilik barang dan juga pemilik kapal sehingga distribusi barang ke pelabuhan Biak bisa lebih lancar,” tukasnya.

(Hend DK)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga