Pemkot Jayapura Gelar Rapat Pembentukan Tim Kota cerdas

Pemerintah Kota Jayapura resmi menggelar rapat pembentukan tim Kota cerdas yang berlangsung di gedung Sian Sior, kantor Walikota setempat, Rabu (5/7).
Share it:
Pemkot Jayapura saat menggelar rapat pembentukan tim kota cerdas yang berlangsung
di gedung Sian Sior, kantor Walikota setempat, Rabu (5/7).
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Kota Jayapura resmi menggelar rapat pembentukan tim Kota cerdas yang berlangsung di gedung Sian Sior, kantor Walikota setempat, Rabu (5/7).

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM yang dikonfirmasi seusai rapat mengatakan pihaknya telah melakukan sosialisasi tentang Smart City atau Kota Cerdas.

Kota Jayapura resmi ditetapkan sebagai salah satu kota di Indonesia yang terpilih sebagai kota cerdas. 

Dengan terpilihnya Kota Jayapura, maka baru ada empat kota cerdas di Indonesia yaitu Kota Bandung, Depok, Surabaya dan Kota Jayapura.

“Kenapa Kota Jayapura bisa masuk Kota Cerdas ? Karena kita sudah melakukan beberapa kriteria yang sangat mendasar dan tahun ini kita hanya menindaklanjutinya sehingga perlu ada dukungan dari semua elemen yang ada di jajaran Pemerintahan Kota Jayapura,” imbuhnya.

Lebih lanjut, pria yang sering di sapa BTM ini menjelaskan alasan ditetapkannya Kota Jayapura sebagai Kota Cerdas.

“Semuanya itu, dinilai karena keberhasilan Kota Jayapura  meraih Piala Adipura sebanyak lima kali dan tahun ini kembali meraih hasil yang sama,” sambungnya.

Untuk segi penataan, Pemkot telah menata lingkungan ini secara baik yaitu bersih dan hijau termasuk menerbitkan  egulasi-regulasi yang mendukung tentang penataan lingkungan di Kota Jayapura 

Kemudian dari segi keamanan, dimana dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Kota Jayapura, Pemkot telah mengucurkan dana sebesar Rp 2,5 Miliar setiap tahunnya.

Yang ditandai dengan pembangunan 12 pos TNI/Polri dan satu pos lalu lintas serta juga membantu kendaraan operasional.

“Di tahun ini kita akan melakukan patroli ganisum di malam hari,” tegasnya.

Dari segi pelayanan publik, Kota Jayapura juga telah menggunakan sistem IT di beberapa instansi terkait khususnya yang berhubungan dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Sedangkan dari segi pendidikan, Kota Jayapura merupakan kota kedua setelah Jogjakarta yang telah menerapkan sistem pendidikan berbasis IT.

Dari beberapa kriteria tersebut, Kota Jayapura kini sudah berada pada level dimaksud.

“Maka itu kami siap membuka akses lagi untuk pelayanan yang  lebih terpadu kedepannya. Dalam hal juga perlu di dukung BUMN, BUMD, Pertamina, dan Telkom yang mana hari ini telah kami undang dan ternyata mereka setuju dengan hal ini,” pungkasnya.


(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga