Pemkot Terbitkan Akta Kelahiran Gratis Bagi 64 Anak Kampung Enggros

Pemerintah Kota melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura menerbitkan sebanyak 64 akta kelahiran gratis.
Share it:
Wawali Ir. H. Rustan Saru, MM saat menyerahkan akta kelahiran kepada salah satu anak asal Kp Enggros
Jayapura, Dharapos.com 
Pemerintah Kota melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura menerbitkan sebanyak 64 akta kelahiran gratis.

Penyerahan akta kelahiran gratis tersebut dilakukan secara simbolis Wakil Wali Kota Jayapura Ir. H. Rustan Saru, MM kepada puluhan anak dari Kampung Enggros, Distrik Abepura, dan dilakukan bertepatan dengan acara pembukaan Sosialisasi UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan kepada anak, Jumat (28/7).

Kepala Dispendukcapil setempat, Merlan S. Uloli, SE, M.Si mengakui penyerahan akta kelahiran gratis kepada 64 anak dari kampung Enggros ini  merupakan kerja sama Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3KB) dengan Dispendukcapil Kota Jayapura.

Dinas P3KB Kota Jayapura, sebelumnya telah melakukan pendataan terhadap anak-anak yang belum mempunyai akta kelahiran di 14 kampung.

Setelah terdata anak yang belum memiliki akta kelahiran tersebut, pihak DP3KB langsung menyerahkan ke Dispendukcapil untuk selanjutnya dilakukan pencetakan.

“Dan pada momen ini Dispendukcapil diundang juga untuk sama-sama mendampingi Wakil Wali Kota menyerahkan 64 akta kelahiran gratis tersebut,” sambungnya.

Diakui Merlan, masih banyak lagi anak-anak yang lain yang belum mendapat akta kelahiran dikarenakan, data yang dimiliki belum lengkap.

Lebih lanjut, urainya, dalam rangka HUT RI ke 72 juga tanggal 5 Agustus mendatang, pihaknya akan turun ke Distrik Muara Tami guna melakukan pencetakan akta kelahiran bagi anak-anak menindaklanjuti nama-nama anak di Muara Tami yang telah dimasukkan ada pada Dispendukcapil.

Diharapkan saat harinya tiba, masyarakat sudah mempersiapkan doukumennya usia Dispendukcapil turun untuk lakukan pencetakan ,mereka sudah siap dengan persyaratan yang ada sehingga akta kelahiran bisa di cetak dan langsung  di bawa pulang.

Lanjut Merlan, guna mendukung rencana itu mobil pelayanan telah disiapkan bahkan jaringan internet juga sudah terkonek , sehingga akta kelahiran bisa dicetak langsung di tempat.

Ia menambahkan, untuk pencetakan, presentasi secara  nasional 2017 harusnya mencapai 80 persen sedangkan di Dispendukcapil Kota Jayapura baru mencapai 65 persen.

“Dan saya optimis 2017 bisa mencapai 80 persen untuk akte kelahiran,” tukas Merlan.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments: