Pemprov Papua Diingatkan Soal Kuota Penerimaan PNS

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendapat jatah lowongan pegawai negeri sipil sebanyak 173 orang untuk angkatan 2017 – 2018.
Share it:
Nioluen Kotouki
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendapat jatah lowongan pegawai negeri sipil sebanyak 173 orang untuk angkatan 2017 – 2018.

Terhadap itu, Pemprov diingatkan lebih serius dalam proses penerimaan pegawai nantinya.

Demikian pernyataan yang disampaikan Wakil Ketua Komisi V DPR Papua yang membidangi Pendidikan dan Kesehatan, Nioluen Kotouki, saat dikonfirmasi, Senin (24/7).

Menurutnya setelah mengikuti informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) ternyata kuota PNS yang disediakan untuk Provinsi Papua hanya sebanyak 173 orang dan itu pun merupakan tanggungan dari 2014 lalu.

"Untuk itu kami mengharapkan kepada Gubernur Papua agar memperhatikan hal ini,” imbuh Nioluen.

Ke depannya, Pemprov didorong untuk bisa melakukan lobi politik ke Pemerintah pusat agar di Papua bisa mendapat penambahan kuota maksimal 1000 orang.

Pernyataan tersebut didasari atas jumlah kelulusan dari Universitas Cendrawasih yang hampir mencapai 1000 orang setiap tahunnya, belum dari perguruan tinggi lainnya.

“Kalau penerimaan PNS hanya 173 orang saja, hal ini akan mengakibatkan bertambahnya angka pengangguran di tanah Papua,” sambungnya.

Di tambahkan Nioluen,  sementara ini Papua masih dalam kerangka otonomisasi jadi tentu ada baiknya Pemerintah daerah punya hak meminta kuota berdasarkan data real yang ada di Provinsi maupun Kabupaten/Kota.

“Ke depannya, kami harapkan kuota yang 173 orang ini ditahan dulu, sementara itu Pemerintah melakukan lobi ke pusat,” tukasnya.

(Vian)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga