Program Adiwiyata di SMA Gabungan Jayapura Terus Berjalan

SMA Gabungan Jayapura, Kamis (20/7), melaksanakan Sosialisasi In House Training Adiwiyata.
Share it:
Wakasek Bid. Kesiswaan, Nel Tetelepta, S.Pd saat menyampaikan sambutan mewakili Kepala SMA Gabungan Jayapura   
Jayapura, Dharapos.com
SMA Gabungan Jayapura, Kamis (20/7), melaksanakan Sosialisasi In House Training Adiwiyata.

Pada sosialisasi tersebut, SMA Gabungan mendapat kesempatan yang berbahagia di mana Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jayapura, Ir. Ketty Kailola berkesempatan untuk hadir dalam memberikan sambutan dan sosialisasi.

Kepala SMA Gabungan yang diwakili Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Petronela Tetelepta, S.Pd mengatakan Program Adiwiyata yang telah dicetus oleh pimpinan-pimpinan terdahulu di sekolah ini tetap berjalan.

“Oleh karena itu, langkah awal yang  diambil adalah membuat kegiatan program Adiwiyata lewat sosialisasi dan bersinergi dengan Badan Lingkungan Hidup kota Jayapura,” urainya.

Dirincikan, ada empat komponen untuk mencapai tujuan program Adiwiyata yang menjadi satu kesatuan utuh dalam mencapai sekolah adiwiyata yakni kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.

Dengan demikian, banyak hal yang harus dipahami agar bagaimana mewujudkan sekolah Adiwiyata.

Kepala DLH Kota Jayapura, Ir. Ketty Kailola
“Butuh kerja keras dan dukungan penuh dari semua pihak khususnya seluruh warga SMA Gabungan serta kerja cerdas untuk mewujudkan apa yang kita inginkan dan cita-citakan serta impian bersama tentu dalam mewujudkan sekolah yang aman, nyaman, bersih dan sehat dan rindang,” tandas Kepsek.

Bagi SMA Gabungan Jayapura, lanjut dia, pelaksanaan program Adiwiyata bukanlah sekedar ajang mencari nama atau mencari popularitas.

“Namun program ini merupakan batu loncatan untuk membentuk karakter seluruh warga sekolah dalam pemahaman dan kesadaran akan tanggung jawab terhadap lingkungan, pelestarian dan pengelolaan lingkungan hidup secara berkelanjutan,” tukasnya.

Pada momen yang sama Kepala DLH Kota Jayapura,  Ir. Ketty Kailola memberikan apresiasi kepada SMA Gabungan Jayapura karena telah melakukan Moment in House Training Adiwiyata menuju Adiwiyata Nasional

“Sekolah-sekolah di Jayapura tidak kalah maju dengan daerah lain yang ada di Indonesia ,karena memiliki animo yang besar untuk menjadikan sebagai sekolah Adiwiyata Nasional,” cetusnya.

Foto bersama usai sosialisasi 
Kailola mengucapkan terima kasih kepada semua sekolah khususnya SMA Gabungan Jayapura yang mempunyai animo untuk menjadikan sekolah sebagai sekolah Adiwiyata menindaklanjuti arahan Wali Kota melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat.

“Program ini dapat menolong semua warga sekolah untuk dapat berperan dalam pembangunan pendidikan, serta terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan. Juga untuk menghindari dampak lingkungan yang negatif dan perilaku siswa untuk bagaimana membuang sampah pada tempatnya karena tugas kita adalah bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar,” harapnya.

Lanjutnya, Pemkot Jayapura juga telah berkomitmen dengan menandatangani Deklarasi Sampah yang melibatkan 23 kabupaten/kota di Indonesia tahun 2020 sebagai komitmen untuk penerapan plastik ramah lingkungan.

Ditambahkan, sebanyak 10 sekolah yang melaksanakan In House Training Adiwiyata akan maju di Adiwiyata Nasional.

“Saya mengharapkan program ini tidak sekedar mencari sekolah sebagai peserta saja namun dapat mendorong tercapainya sekolah yang Adiwiyata sesungguhnya,” harapnya.

Sosialisasi berlangsung sejak Kamis (20/7) hingga resmi ditutup pada Sabtu (22/7).


(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments: