Rencana Pemindahan Ibukota Provinsi Papua Masih Dikaji

Pemerintah Provinsi Papua belum lama ini berencana memindahkan ibukota Provinsi dari Jayapura ke lokasi baru yang representatif, guna meningkatkan pelayanan pembangunan dan kemasyarakatan.
Share it:
Kondisi Kota Jayapura yang kini semakin padat
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah Provinsi Papua belum lama ini berencana memindahkan ibukota Provinsi dari Jayapura ke lokasi baru yang representatif, guna meningkatkan pelayanan pembangunan dan kemasyarakatan.

Meskipun rencana tersebut telah diwacanakan sejak lima tahun silam namun hingga kini belum terealisasi.

“Ya memang Pak Gubernur sendiri pernah menyampaikan kemungkinan rencana memindahkan ibukota Provinsi Papua yang disampaikan ketika kampanye pada Pilgub Papua lima tahun lalu,” terang Kepala Badan Pengembangan SDM Papua Zakharias Giay usai membuka Workshop Kelayakan Kebijakan Pembangunan di Lingkungan Provinsi Papua, Kabupaten dan Kota Tahun 2017  di  Aula BPSDM Papua, Cigombong, Kota  Jayapura, Kamis (13/7).

Giay yang didampingi narasumber dari Citra Lintas Daerah Konsultan  Senior Kemenkeu  Ir. Dodi Miharjana, MSc ini menjelaskan bahwa rencana pemindahan ibukota Papua itu didasarkan pada kondisi faktual wilayah kota Jayapura yang sempit dan sudah tidak bisa dikembangkan lagi untuk kepentingan pembangunan berdasarkan tata ruang wilayah.

“Namun jika tetap dipaksakan, maka akan memicu terjadinya masalah kerusakan lingkungan seperti yang  terjadi saat ini,” terangnya.

Oleh karena itu, pihaknya sedang melakukan kajian terhadap sejumlah lokasi yang bakal diputuskan sebagai lokasi pembangunan sejumlah infrastruktur penunjang ibukota pemerintahan yang baru termasuk pembangunan hunian warga dan infrastruktur lain di wilayah terseut.

“Saat ini  kita sedang mencari alternatif agar ibukota Provinsi Papua  ini bisa diarahkan ke sana. Jadi tak usah kita bicara soal Jayapura, bahkan ibu kota Negara yang diwacanakan untuk pindah saja masih butuh proses,” sambungnya.

Meski demikian, Giay memastikan bahwa gagasan Gubernur Papua, Lukas Enembe tentang rencana pemindahan ibu kota Papua tersebut akan terlaksana karena sedang dikaji.

“BPSDM   sesuai dengan  fungsinya yakni meningkatkan kompetensi aparatur PNS, dimana   salah-satunya dilakukan  sehingga ada peluang investasi  yang dipersiapkan, aparatur  PNS atau instansi teknis terkait, termasuk  mengkaji ibukota Papua di lokasi  yang baru”terangnya.

Sekda Papua Tea Hery Dosianaen, SIP, MKP sebelumnya berharap agar hasil kajian tentang  adanya kemungkinan pemindahan ibukota Provinsi Papua tersebut segera dilaporkan kepada Gubernur Papua, untuk ditindak lanjuti.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments: