Resmi Dideklarasikan, Forsesdasi Papua Siap Gelar Rakor 22 September

Bertempat di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (19/7), Sekretaris Daerah (Sekda) se-Provinsi Papua mendeklarasikan Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi).
Share it:
Para Sekda se-Provinsi Papua resmi deklarasikan Forsesdasi, di Kota Jayapura. Rabu (19/7)
Jayapura, Dharapos.com  
Bertempat di Kantor Wali Kota Jayapura, Rabu (19/7), Sekretaris Daerah (Sekda) se-Provinsi Papua mendeklarasikan Forum Sekretaris Daerah Seluruh Indonesia (Forsesdasi).

Bahkan, jadwal menggelar rapat koordinasi (rakor) langsung dipastikan akan dilaksanakan pada 22 September mendatang.

“Bertepatan dengan hadirnya sejumlah pejabat Sekda dari kabupaten/kota se-provinsi Papua di Kota Jayapura, maka kami telah berhimpun dan bermufakat untuk membentuk sebuah forum didasari inisiatif kami dan telah dimusyawarahkan bersama hari ini," jelas Ketua terpilih Forsesdasi Papua, Rasmus D Siahaya, SH, MM, pada kegiatan Workshop PTSP oleh KPK RI.

Pendeklarasian Forsesdasi Papua yang didasari putusan dan musyawarah bersama sejumlah pejabat Sekda dari Kabupaten/Kota se Provinsi Papua, Kata Ketua terpilih, memiliki tujuan utama membangun komunikasi antara satu dengan yang lain dalam kerangka menunjang tugas-tugas kesekretariatan daerah.

“Selain itu, untuk memberikan suport atau dukungan kepada suksesnya pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan terlebih bagaimana mendukung kepala daerah di masing-masing Kabupaten/Kota dalam melaksanakan tugas dan program pembangunan pemerintah," jelasya.

Siahaya menuturkan, langkah pertama setelah deklarasi dan terbentuknya struktur Forsesdasi Papua, yaitu menyusun perumusan AD dan ART.

Berdasarkan kesepakatan bersama maka Forsesdasi Papua yang telah dideklarasikan akan melakukan rakor perdana di Kabupaten Merauke pada 22 September mendatang, guna membahas berbagai ide dan program tentang ruang lingkup tugas, fungsi pokok dan tanggung jawab Sekda dalam Forsesdasi Papua.

“Yang kami harapkan nantinya dari sana lahir ketetapan dan pegangan Sekda dalam melaksanakan tugas-tugasnya," tuturnya.

Dorongan serta inisiatif yang telah bermuara kepada berdirinya Forsesdasi Papua juga berdasarkan sisi topografi geografis daerah-daerah di Papua yang mana bila di lihat jangkauan pelayanan pembangunan oleh pemerintah masih terasa cukup sulit untuk diakses sehingga perlu ada komunikasi saling mendorong di sisi ini.

“Semua persoalan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan itu kan sangat kompleks, maka dengan adanya forum yang telah tersepakati bersama hari ini, upaya ini bisa memberikan kemudahan,” harapnya.

Intinya tegas Siahaya, tujuan dari Forsesdasi Papua adalah bagaimana pejabat Sekda di setiap kabupaten/kota itu bisa memberikan semacam dukungan yang kuat kepada penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di daerah masing-masing.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments: