Seluruh Kepsek Diajak Deklarasikan Stop Kekerasan di Sekolah

Seluruh kepala sekolah (Kepsek) mulai jenjang SD hingga SMA/SMK di Kota Jayapura diajak untuk bersama-sama dan dengan komitmen tinggi mendeklarasikan stop kekerasan di sekolah.
Share it:
Kepala SMP Negeri 6 Jayapura Purnama Sinaga, S.Pd, M.MPd (kanan) didampingi stafnya berpose bersama
penghargaan yang diterima usai dinobatkan sebagai Sekolah Ramah Anak Terbaik Tahun 2017
Jayapura, Dharapos.com 
Seluruh kepala sekolah (Kepsek) mulai jenjang SD hingga SMA/SMK di Kota Jayapura diajak untuk bersama-sama dan dengan komitmen tinggi mendeklarasikan stop kekerasan di sekolah.

Ajakan tersebut disampaikan Kepala SMP Negeri 6 Jayapura, Purnama Sinaga, S.Pd, M.MPd usai sekolah yang dipimpinnya dinobatkan Pemerintah pusat sebagai Sekolah Ramah Anak satu-satunya di Provinsi Papua.

“Dalam usaha mewujudkan sekolah ramah anak, pihak sekolah harus menciptakan suasana yang kondusif agar anak merasa nyaman dan dapat mengekspresikan potensinya. Dengan memerhatikan program sekolah yang sesuai, lingkungan sekolah yang mendukung serta aspek sarana-dan prasarana yang memadai,” urainya.

Purnama menyampaikan bahwa inti dari komitmen bersama untuk mewujudkan sekolah ramah anak itu adalah stop kekerasan baik fisik, non-fisik, kekerasan verbal, dan turut memberikan pemenuhan terhadap hak anak-anak.

Tentu untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman selama berada di sekolah.

“Perlindungan yang pertama tentu ada dalam keluarga, dan sepertiganya ada di sekolah. Jadi melalui program sekolah ramah anak ini diharapkan bapak/ibu guru, tata usaha maupun sesama temannya itu bisa memberikan rasa aman kepada temannya yang lain,” tukasnya.

Kepala SMPN 6 Jayapura, Purnama Sinaga, S.Pd, M.MPd didampingi staf saat menerima kunjungan orang tua siswa 
Sebelumnya, SMP Negeri 6 Jayapura dinobatkan sebagai Sekolah Ramah Anak Terbaik.
Penghargaan ini menjadikan SMPN 6 jadi satu-satunya sekolah di Provinsi Papua yang meraih penghargaan tersebut di tahun ini.

Penyerahannya langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Prof. DR. Yohana S. Yembise, Dip. Apling. , MA, pada acara peringatan Hari Anak Nasional yang digelar di Pekanbaru, Minggu (23/7) lalu.

Berkaitan dengan penghargaan tersebut, Kepala SMPN 6 Jayapura, Purnama Sinaga, S.Pd. M. M.Pd yang dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (24/7) mengaku bahagia dan gembira atas prestasi yang baru saja diraih sekolah yang dipimpinnya.

“Ketika mendapatkan informasi bahwa sekolah kami mendapatkan piagam penghargaan, saya merasa bahagia dan gembira yang sangat luar biasa,” akuinya.

Purnama sejak awal meyakini sungguh SMPN 6 Jayapura layak untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Pasalnya berbagai indikator penilaian yang dipersyarakatkan sudah laksanakan seperti pemberian pelajaran yang menyenangkan di dalam kelas, menyediakan sarana-prasarana yang memadai, dan memberikan pemenuhan hak anak.

“Misalnya pengadaan kotak pengaduan dan juga kami menyediakan ruang keluarga yang berfungsi sebagai ruang pertemuan antara keluarga siswa dan pihak sekolah untuk berdiskusi tentang perkembangan anak didik tersebut,” rincinya.

Lanjutnya, ada sekitar 151 sekolah yang menerima piagam penghargaan tapi dengan kriteria yang berbeda yakni Sekolah Ramah Anak, Sekolah Forum Komunikasi Anak serta juga lainnya seperti Puskesmas Ramah Anak.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga