UPT LLK-UKM Biak Numfor Prioritaskan Las Listrik Bagi OAP

Unit Pelaksana Teknis Loka Latihan Kerja Usaha Kecil dan Menengah (UPT LLK-UKM) Biak Numfor terus berbenah diri.
Share it:
Biak, Dharapos.com
Unit Pelaksana Teknis Loka Latihan Kerja Usaha Kecil dan Menengah (UPT LLK-UKM) Biak Numfor terus berbenah diri.

Hal itu dibuktikan dengan begitu banyaknya para pencari kerja yang datang mengikuti pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan unit tersebut.

Salah satu kegiatan UPT LLK-UKM Biak yang dianggap paling menonjol adalah “Las listrik” dimana diprioritaskan kepada pencari kerja Orang Asli Papua (OAP) atau putra daerah di Kabupaten Biak Numfor.

Kepada Beritapapua.Dharapos.com, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala UPT LLK UKM Biak Esty Kbarek ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (19/7) membenarkan akan hal ini.

“UPT LLK UKM Biak pada tahun ini mengalami perubahan dibanding tahun-tahun sebelumnya sekalipun perubahan itu tidak terlalu signifikan,” ungkapnya.

Dikatakan Esty, berbagai pelatihan yang diselenggarakan UPT LLK-UKM Biak dananya bersumber dari APBN lewat BLK Sorong dan Biak Numfor sebagai penyelenggara yang mempunyai kegiatan sebanyak 21 paket.

Dan, las listrik menjadi kegiatan UPT LLK-UKM yang dianggap paling menonjol karena memprioritaskan OAP di Kabupaten Biak Numfor.

“Sebab pelatihan pada kejuruan ini tidak berhenti sampai di UPT LLK UKM Biak saja tetapi akan berkelanjutan hingga mengikuti pelatihan di luar Papua yaitu tepatnya di Serang Provinsi Banten, sebab kejuruan ini sangat dibutuhkan dimana-mana,” urainya.

Ditanya mengenai alasan memprioritaskan kejuruan las listrik, Esty mengakui bahwa tenaga pada kejuruan ini sangat dibutuhkan.

Karena itu, pencari kerja yang mengikuti pelatihan ini juga akan diseleksi, dan yang lulus pastinya akan diberangkatkan untuk mengikuti pelatihan di Serang, Provinsi Banten.

Dan sesudah itu akan di tempatkan di seluruh perusahaan yang berada di Indonesia karena tenaga di bidang tersebut sangat dibutuhkan.

Esty menambahkan, selain las listrik masih ada kejuruan lain seperti operator komputer, menjahit, mekanik, instalasi penerangan, otomotif, prosesing, mebeler dan tata rias.

Olehnya itu, atas nama Pimpinan UPT LLK-UKM Biak, Esty mengharapkan keterlibatan masyarakat dalam pelatihan-pelatihan ini.

“Sebab dana untuk menunjang kegiatan di UPT LLK-UKM Biak selalu tersedia yang bersumber dari dana Otsus, APBD serta APBN,’ tukasnya.

(Hend)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga