Waktu Dekat, Presiden Terbitkan Inpres PON XX Papua

Instruksi Presiden (Inpres) tentang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua pada 2020 mendatang bakal diterbitkan dalam waktu dekat.
Share it:
Presiden Joko Widodo saat memimpin ratas bersama para menteri yang juga di hadiri Gubernur Lukas Enembe
di Istana Negara membahas sejumlah proyek strategis di Provinsi Papua, Rabu (19/7)
Jakarta, Dharapos.com
Instruksi Presiden (Inpres) tentang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua pada 2020 mendatang bakal diterbitkan dalam waktu dekat.

Informasi terkait hal itu disampaikan langsung Presiden RI Joko Widodo ketika menerima Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dalam rapat terbatas (ratas) di Istana Negara, Rabu (19/7).

Dalam ratas bersama Presiden,  diketahui membahas tentang berbagai proyek strategis di Papua.

“Cuma kita lebih memberi perhatian pada PON tahun 2020, dimana pak Presiden siap untuk menerbitkan Inpres PON 2020 di Papua,”ungkap Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP,MH saat memberikan keterangan kepada pers di halaman Istana, usai pertemuan tertutup yang berlangsung selama dua jam lebih.

Gubernur akui,  khusus untuk pelaksanaan PON dalam waktu dekat akan ada Inpres.

“Untuk Inpres, Bapak Presiden sudah memerintahkan Menteri Sekretaris Kabinet untuk menyiapkannya. Mudah-mudahan minggu ini sudah terbit,” harapnya.

Dalam Ratas itu, Gubernur juga menyampaikan kepada Presiden terkait kebutuhan dana yang diperlukan Provinsi Papua untuk perhelatan pesta olahraga empat tahunan itu.

Untuk PON, Pemprov Papua sudah  mengeluarkan dana sebesar Rp 2 triliun yang bersumber dari APBD dimana dari penggunaan dana ini sudah dikerjakan.  Sedangkan masih dibutuhkan  tambahan dana sebesar Rp 1,6 triliun.

“Saya sudah sampaikan kepada Bapak Presiden dan beliau sudah perintahkan Menteri PU untuk menangani yang Rp 1,6 triliun ini. Seluruhnya Menteri PU yang bangun. Nanti beliau yang bangun,” tandasnya.

Dari kucuran dana tambahan Pempus , dipastikan pada 29 Desember 2018, Stadion Utama yang berlokasi di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura rampung 100 persen.

Tinggal venue – venue berikut pula fasilitas yang ada saat ini akan diperbaiki/rehab. Sedangkan untuk fasilitas penunjang lainnya seperti telekomunikasi, infrastruktur jalan, listrik dan  air bersih.

“Presiden juga telah memerintahkan kepada setiap Menteri terkait untuk membantu Papua, menyukseskan ajang nasional ini,” tukasnya.  

Senada dengan itu, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda  Provinsi Papua Yusuf Yambe Yabdi mengungkapkan, rencananya hari Jumat (21/8) Dinas Pemuda dan Olahraga selaku leading sektor akan mengadakan pertemuan bersama Menteri Pekerjaan Umum M. Basuki Hadimulyo di Kementerian PU RI.

Soal Infrastruktur PON akan terbagi dalam beberapa item yakni infrastruktur venues dan yang kedua adalah infrastruktur akomodasi dan ketiga infrastruktur pendukung.

Gubernur didampingi Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen, SIP,MKP, Asisten Bidang Umum Sekda Papua Elysa Auri, SE, MM bersama para Kepala SKPD terkait lainnya seperti Kepala Bappeda, Dr. Muh Musa’ad, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Papua, Dr. Ridwan Rumasukun, Kepala Balitbang Provinsi Papua, Drs. Oma Laduani Ladamai, Karo Hukum Setda Papua Derek Hegemur, Karo Humas dan Protokoler Setda Papua Israil Ilolu, SE, MM dan Kepala Kantor Badan Penghubung Daerah, Alexander Kapisa, ST.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Utama

Masukan Komentar Anda:

0 comments: