Wali Kota : Butuh Komitmen Tinggi Capai Target Akreditasi 13 Puskesmas

Pemerintah menargetkan seluruh Puskesmas di Kota Jayapura terakreditasi pada 2019 mendatang.
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat tanda tangan komitmen
Jayapura, Dharapos.com
Pemerintah menargetkan seluruh Puskesmas di Kota Jayapura terakreditasi pada 2019 mendatang.

“Setelah Puskesmas Waena  dan Kotaraja diakreditasi  tahun ini, target Pemerintah kota selanjutnya adalah seluruh Puskesmas di Kota Jayapura harus sudah terakreditasi pada 2019 mendatang,” tandas Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM pada acara Workshop Penggalangan Komitmen Akreditasi Puskesmas Tingkat Kota Jayapura Tahun 2017 yang berlangsung di aula Dinas Pekerjaan Umum, kawasan Kotaraja, Selasa (18/7).

Berkaitan dengan hal itu, dibutuhkan komitmen yang  tinggi dari seluruh jajaran kesehatan di ibukota provinsi Papua ini dalam upaya merealisasikan target dimaksud.

“Komitmen itu sangat penting , kenapa saya katakan demikian? Karena keberhasilan pembangunan Kota Jayapura di 5 tahun pertama dan berlanjut di 5 tahun kedua adalah karena sebuah komitmen dari seorang pemimpin,” cetusnya.

Keberhasilan Kota Jayapura meraih WTP murni hingga dua kali berturut-turut juga tropi Adipura karena dibutuhkan komitmen pemimpin yang diikuti oleh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) sampai ke  tingkat bawah.

“Begitu juga dengan target terakreditasinya seluruh Puskesmas di Kota Jayapura, dimulai dari pimpinan OPD, Sekretaris , para Kabid, Kepala Puskesmas dan tenaga medis harus punya komitmen untuk meraih satu keberhasilan,” imbuhnya.

Komitmen pemimpin yang kuat akan membuat seluruh program dan kebijakan dijabarkan dengan baik termasuk dalam melakukan koordinasi dengan lintas sektor sebagai bentuk mencari dukungan.

“Dengan komitmen, maka mulai dari proses perencanaan yang diatur dengan baik maka pelaksanaannya juga akan berjalan bagus dan pada akhirnya kita akan melihat hasilnya,” sambungnya.

Komitmen yang ditunjukkan Kepala Puskesmas Waena dan Kotaraja harus diikuti oleh seluruh tenaga medis yang ada di pusat pelayanan setingkat distrik tersebut dan juga koordinasi lintas sektor

“Saya punya komitmen mendukung 100 persen seluruh Puskesmas di Kota Jayapura terakreditasi,” tukasnya.

Sementara itu, Kadis kesehatan Arif Dwi Darmanto dalam laporannya mengatakan pelayanan kesehatan primer merupakan tujuan utama yang ingin ditunjukkan oleh Puskesmas yaitu mendukung peningkatan akses dan mutu pelayanan pada masyarakat serta mendukung pelaksanaan pencapaian indikator kesehatan.

Workshop penggalangan komitmen ini bertujuan agar para pemangku kepentingan memberikan dukungan penuh kepada Puskesmas Waena dan Kotaraja dalam mendukung niat untuk memperoleh sertifikasi akreditasi di tahun 2017.

Kegiatan ini juga ditindaklanjuti dengan penandatanganan komitmen bersama mendukung akreditasi Puskesmas.

Penandatangan komitmen ini melibatkan Polres Jayapura Kota, Dandim 1701 Jayapura, OPD Kota, Kepala Distrik, Pejabat Eselon III Dinkes Kota serta 13 Kepala Puskesmas di wilayah Kota Jayapura.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments: