Wali Kota Harapkan Pelayanan Puskesmas di Kota Jayapura Tak Dibatasi Wilayah

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano.MM menegaskan Puskesmas selaku Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Dinas Kesehatan Kota Jayapura berfungsi menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan tingkat pertama.
Share it:
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM saat membuka Pelatihan Manejemen Puskesmas 
Jayapura, Dharapos.com 
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano.MM menegaskan Puskesmas selaku Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Dinas Kesehatan Kota Jayapura berfungsi menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan tingkat pertama.

“Dimana dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, mengacu pada kebijakan pembangunan kesehatan Pemerintah Kota Jayapura yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan rencana lima tahun Dinas Kesehatan Kota Jayapura,“ ungkapnya saat membuka Pelatihan
Manajemen Puskesmas bagi Petugas Kesehatan di lingkungan Pemerintah Kota Jayapura,  bertempat di Balai Pelatihan PU Provinsi Papua, Senin (10/7).

Dalam upaya kesehatan yang berkesinambungan guna mencapai tujuannya, Puskesmas harus menyusun rencana kegiatan untuk periode 5 tahun kedepan di dalam rencana tahunannya.

Serta bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat di wilayah kerja pada satu atau bagian wilayah Distrik dan Kelurahan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 tahun 2014 tentang pusat kesehatan masyarakat.

“Namun untuk kesehatan tidak mengenal batas wilayah sehingga walaupun 13 Puskesmas yang ada di Kota Jayapura telah diberikan porsi masing-masing sesuai kewenangannya namun jika ada masyarakat yang tinggal di Kota Raja dan ingin berobat ke Puskesmas Hamadi saya berharap dilayani dengan baik,” tegasnya.

Peserta pelatihan dari berbagai Puskesmas di Kota Jayapura
Pada kesempatan tersebut Wali Kota menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Puskesmas yang telah melaksanakan pelayanan kepada masyarakat selama 24 jam.

“Karena bukan Wali Kota atau Wakil Wali Kota yang dilayani akan tetapi masyarakat Kota Jayapura yang dilayani untuk mendapat kesehatan yang layak,” ucapnya.

Dihadapan ratusan peserta pelatihan, Wali Kota menegaskan bahwa dirinya tidak menginginkan di Kota Jayapura terjadi kematian selama 1 minggu berturut-turut. Karena jika itu terjadi, berarti kesehatan yang selama ini diidam-idamkan tak pernah tercapai.

“Saya mau Puskesmas dapat mengelola upaya kesehatan dengan baik dan berkesinambungan dalam mencapai tujuannya. Karena itu, setiap Puskesmas harus menyusun rencana kegiatan untuk periode 5 tahun ke depan yang akan dirinci ke dalam rencana tahunan Puskesmas pada siklus perencanaan anggaran daerah,” lanjutnya.

Selain mengacu kepada kebijakan pembangunan kesehatan kabupaten/kota juga harus disusun berdasarkan hasil analisis situasi saat itu dan prediksi ke depan yang mungkin terjadi.

Proses selanjutnya adalah penggerakan dan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan rencana kegiatan program yang disusun.

Kemudian, melakukan pengawasan dan pemilihan yang diikuti dengan upaya-upaya perbaikan dan peningkatan serta diakhiri dengan pelaksanaan penilaian hasil kegiatan melalui penilaian kinerja Puskesmas.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments: