Wawali Apresiasi Pelayanan Petugas Puskesmas Abe Pantai

Wakil Wali Kota, Ir. H. Rustan Saru, MM mengapresiasi pelayanan yang dilakukan oleh petugas medis di Puskesmas Abe Pantai.
Share it:
Wawali Ir. H. Rustan Saru , MM saat berdialog dengan petugas medis yang melayani di Puskesmas Abe Pantai
Jayapura, Dharapos.com 
Wakil Wali Kota, Ir. H. Rustan Saru, MM mengapresiasi pelayanan yang dilakukan oleh petugas medis di Puskesmas Abe Pantai.

“Saya sangat mengapresiasi pelayanan yang diberikan petugas di Puskesmas Abepura dimana seluruh proses pelayanan terhadap pasien berjalan dengan baik bahkan ketersediaan  obat pada Puskesmas tersebut sangat mencukupi,” demikian disampaikan saat melakukan sidak ke Puskesmas tersebut, Jumat (7/7).

Dikatakan, Puskesmas Abe Pantai mulai buka untuk melakukan pelayanan terhadap pasien sejak pukul 08.00 WIT hingga pukul 12.30 WIT. sehingga mendapat apresiasi dari orang nomor dua di jajaran
Pemerintah Kota Jayapura.

Saat sidak, Wawali juga memastikan kecepatan dalam melayani pasien mulai dari pendaftaran hingga pengobatan.

“Memang melayani pasien harus butuh ketenangan dan hati karena pasien yang kita layani tentu dalam kondisi menderita jenis penyakit yang berbeda dan kadang pasien juga butuh kecepatan dalam penangan,” akuinya.

Pantauan media ini, Wawali saat tiba di Puskesmas Abe Pantai pukul 10.15 WIT langsung mengecek semua ruang baik ruangan KIA/KB, poli umum, ruang tindakan, laboratorium, ruang bersalin serta ruang gizi.

Sementara, untuk pelayanan pada Unit Gawat Darurat dibuka mulai pukul 14.00 WIT hingga 20.00 WIT, dimana faktor keamanan menjadi salah satu perhatian penting sehingga belum dilakukan pelayanan 24 jam.

Karena itu, diharapkan ke depan harus diberlakukan sistem pengamanan dengan menempatkan Satpam untuk menjaga saat pelayanan terhadap pasien di UGD tersebut, sehingga nantinya bisa berlangsung 24 jam.

Wawali berkesempatan  menyapa salah satu warga yang sedang berobat ke Puskesmas Abe Pantai
Karena Wali Kota telah memerintahkan setiap Puskesmas di Kota Jayapura harus membuka pelayanan UGD 24 jam.

Mendasari itu, pihaknya pun turut mendorong Puskesmas yang belum melakukan pelayanan UGD 24 jam agar segera mempersiapkan diri dalam merealisasikan target dimaksud.

Puskesmas Abe Pantai menjadi salah satu pusat kesehatan di tingkat distrik yang masuk dalam rencana program pelayanan 24 jam pada 2018 mendatang.

Usai sidak, Wawali menghimbau kepada pasien atau masyarakat umum yang hendak menerima pelayanan kesehatan di semua Puskesmas tidak dikenai biaya alias gratis dengan syarat persyaratan memliliki KJS maupun KIS, sedangkan untuk masyarakat Papua, pelayanan semuanya dilakukan secara gratis.

Untuk itu, Wawali harapkan agar masyarakat yang belum memiliki  KJS dan KIS agar segera mengurusnya sehingga tidak dikenakan biaya sekaligus mendorong petugas Puskesmas karena punya kewajiban untuk menyampaikan hal yang sama kepada masyarakat.

Petugas Puskesmas juga diingatkan saat pasien sudah tidak bisa dilayani agar cepat di rujuk ke rumah sakit umum terdekat guna mendapat  penanganan lanjutan.

Pada momen tersebut, Wawali juga mengakui sejumlah kendala yang dialami saat ini.

“Halaman sekitar Puskesmas belum teratur dan masih becek karena tanah isi atau timbun. Makanya ke depan Dinas Kesehatan Kota Jayapura agar segera memprogramkan untuk dilakukan pengaspalannya,” dorongnya.

Begitu pula yang berkaitan dengan rumah-rumah bagi petugas Puskesmas yang diketahui saat ini masih dihuni oleh pegawai Dinas Kesehatan dan petugas lainnya.

Padahal rumah dinas tersebut di bangun untuk ditempati oleh petugas kesehatan bukan untuk pegawai Dinkes setempat.

“Untuk itu, Dinas Kesehatan Kota harus segera melakukan penertiban,” desaknya

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga