YBB Gelar Kompetensi Guru - Akta Mengajar Kelas Biak Numfor

Bertempat di ruang serbaguna GKI Elohim Kinmon Biak Numfor telah berlangsung Pelatihan Kompetensi Guru dan Akta mengajar yang diikuti 116 orang yang digelar Yayasan Bina Bangsa (YBB) Jayapura, Sabtu (15/7).
Share it:
Pelatihan Kompetensi Guru - Akta Mengajar dengan jumlah peserta 116 orang digelar YBB Jayapura, Sabtu (15/7)
Biak, Dharapos.com
Bertempat di ruang serbaguna GKI Elohim Kinmon Biak Numfor telah berlangsung Pelatihan Kompetensi Guru dan Akta mengajar yang diikuti 116 orang yang digelar Yayasan Bina Bangsa (YBB) Jayapura, Sabtu (15/7).

Materi yang disampaikan meliputi, rencana penyusunan program pembelajaran PAUD dan TK sesuai dengan kurikulum tahun 2013 atau K13 (penyusunan RKH, RPM bagi sekolah PAUD dan TK), strategi pembelajaran, motivasi dan kepemimpinan, sumber dan media pembelajaran (merancang alat peraga), dasar-dasar pendidikan dan psikologi pendidikan.

Kemudian, desain pembelajaran (penyusunan RPP dan silabus tingkat SD-SLTA sesuai kurikulum tahun 2013/K13), filasafat pendidikan, contextual teaching learning, penelitian tindakan kelas, manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah, evaluasi pembelajaran (cara membuat raport) serta PPL atau micro teaching.

Ketua YBB, Beverly Mangge, SE yang ditemui Beritapapu.Dharapos.com mengatakan, tujuan pelatihan tersebut adalah untuk membekali masyarakat (guru dan calon guru) dengan berbagai disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan di sekolah.

Beverly menjelaskan pula bahwa kegiatan ataupun pelatihan yang mereka emban  di Jayapura sudah mendapat banyak tenaga-tenaga yang mau belajar.

“Bahkan ada juga yang datang dari Papua Barat seperti dari Manokwari, dan Sorong. Sedangkan dari
Papua sendiri sudah banyak yang datang dan belajar di YBB di Kota Jayapura,” jelasnya.

YBB yang berkantor di Kota Jayapura mulai membuka pelatihan-pelatihan ke kabupaten lain di Papua dan Papua Barat dikarenakan untuk memudahkan peserta pelatihan dalam segi keuangan.

Karena dalam hal biaya hidup di Jayapura sangat tinggi, untuk itu Yayasan Bina Bangsa turun langsung ke kabupaten-kabupaten dan memberikan pelatihan yang dilakukan di tiap Kabupaten sehingga biaya hidup serta biaya-biaya lainnya dapat ditekan.

Peserta yang menjadi keluaran ataupun mendapat sertifikat dari Yayasan ini sudah sekitar seribu seratusan ditambah dengan peserta yang ikut melalui kelas Biak Numfor ini.

Dan sudah banyak peserta YBB yang mengajar di sekolah-sekolah khususnya di Kabupaten masing-masing dimana peserta berdomisili.

YBB Jayapura di bawah pengawasan Dinas P dan K Provinsi Papua, lebih khusus lagi di bawah binaan Dinas Pendidikan Kota Jayapura dikarenakan lokasi pembelajaran yayasan tersebut berada di Kota Jayapura.

(Hend-Dk)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Pendidikan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga