106 Pasangan Kristen Resmi Masuk Daftar Pencatatan Sipil

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli, SE , M.Si, mengatakan sebanyak 106 pasangan Kristen resmi dicatat secara massal oleh negara melalui program nikah pencatatan sipil gratis.
Share it:
Merlan S. Uloli, SE , M.Si
Jayapura, Dharapos.com 
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli, SE , M.Si, mengatakan sebanyak 106 pasangan Kristen resmi dicatat secara massal oleh negara melalui program nikah pencatatan sipil gratis.

Dia mengaku awalnya hanya direncanakan kepada 15 pasangan.

“Terkait pencatatan sipil ini, kami rencanakan hanya kepada warga Jemaat GPI Pniel Kotaraja yaitu sebanyak 15 pasangan, namun dalam rangka HUT RI ke 72 kami juga menyurati denominasi gereja yang ada di Kota Jayapura jika ada anggota jemaat yang ikut dalam pencatatan sipil, dan ternyata responsnya luar biasa,” bebernya usai acara pencatatan sipil gratis, Kamis (24/8).

Hal ini juga menjadi salah satu upaya Dispendukcapil untuk menjemput bola terhadap masyarakat Kota Jayapura yang telah hidup bersama tapi belum melaksanakan nikah catatan sipil.

“Rencana kami 50 pasangan meningkat menjadi 106 pasangan yang dicatatkan. Ini juga merupakan upaya kami untuk mempercepat kepemilikan akta kelahiran di kota Jayapura hingga bisa tuntas menjadi 85 persen,” akui Merlan.

Pasalnya, sesuai aturan, seorang anak bisa mendapatkan akta kelahiran jika kedua orang tuanya telah memiliki akta nikah.

“Artinya terintegrasi nikah massal dengan kepemilikan akta kelahiran anak yang juga menjadi salah satu prasyarat bagi Kota Jayapura sebagai Kota Layak Anak,” sambungnya.

Selain itu, perempuan juga bisa terlindungi dengan adanya nikah pencatatan sipil sesuai dengan UU Nomor 1 Tahun 1974, terkait pernikahan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

“Untuk itu kami berharap  setelah nikah massal ini bagi pasangan yang belum ikut agar bisa langsung datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura karena prosesnya dilakukan secara gratis serta langsung mendapatkan akta nikah,” imbuh Merlan.

Dengan mendapat Akta Nikah, maka pelayanan “Three in One” langsung  secara otomatis yaitu terintegrasi dengan dokumen kependudukan lain yaitu kartu keluarga sebagai sebagai pasangan suami istri dan juga e-KTP baru  selain akta nikah.

“Inovasi yang kita lakukan agar masyarakat yang datang langsung mendapat dokumen kependudukan secara lengkap. Dimana hal ini merupakan penawaran yang baik, dan sebagai bentuk perhatian serius dari Pemerintah kepada seluruh warga Kota Jayapura. Dan juga tanggung jawab warga negara untuk wajib memiliki e-KTP dan tanggung jawab Pemerintah untuk melayani masyarakat,” tandasnya

Untuk diketahui, satu bulan sejak ditunjuk menjadi Ketua Panitia HUT RI ke 72 Tingkat Kota Jayapura, Kepala Dispendukcapil setempat dana jajarannya langsung bergerak dengan menyurati gereja-gereja khususnya bagi warga jemaat yang belum menikah sipil.

Hal ini menjadi satu langkah luar biasa yang dilakukan oleh Dispendukcapil Kota Jayapura.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga