1.425 Warga Distrik Abepura Terima Bantuan PNPM Mandiri Prospek

Sebanyak 1.425 warga di Distrik Abepura resmi menerima bantuan langsung melalui program PNPM Mandiri Prospek Tahun Anggaran 2016.
Share it:
Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda, Drs. M. Nur Jainuddin
Konu, MKP mewakili Wali Kota Jayapura saat menyerahkan bantuan kepada penerima manfaat
Jayapura, Dharapos.com 
Sebanyak 1.425 warga di Distrik Abepura resmi menerima bantuan langsung melalui program PNPM Mandiri Prospek Tahun Anggaran 2016.


Untuk 2017, penyalurannya terbagi dua yaitu bidang ekonomi dan kelembagaan kepada masyarakat yang tersebar di  5 kelurahan, masing-masing Kelurahan Abepantai, Asano, Awiyo, Vim dan Kelurahan wahno serta satu kampung, Nafri.

Bantuan ini berasal Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM, red) Mandiri Prospek Kota Jayapura, yang diserahkan oleh Wali Kota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, MM di Distrik Abepura, Kamis (10/8) yang diwakili Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setda
Kota Jayapura, Drs. M. Nur  Jainuddin Konu, MKP.

Saat penyerahan, Konu didampingi Kepala Distrik Abepura Bobby Awi.

Wali Kota pada kesempatan tersebut mengingatkan para penerima manfaat agar bantuan yang diserahkan tidak dilihat dari nilai besar atau kecilnya.

Dimana bantuan ini merupakan wujud perhatian dari Pemerintah untuk memperkuat perekonomian keluarga.

“Jangan melihat besar kecilnya bantuan ini, tapi bagaimana agar dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dalam keluarga,“ imbuhnya.

Kepala Distrik Abepura Bobby Awi juga berkesempatan menyerahkan bantuan
Wali Kota juga menyinggung, soal dana untuk program pembangunan desa yang dikucurkan Pemerintah cukup besar sehingga diharapkan aparat Kampung dapat mengelolanya dengan baik.

“Hal ini perlu saya sampaikan mengingat banyak Kepala desa di luar Papua, yang diketahui salah menggunakan Dana Desa hingga akhirnya harus berurusan dengan hukum,” bebernya.

Untuk itu, dana tersebut perlu dikelola dengan baik dengan melibatkan Badan Musyawarah Kampung sehingga ada keterbukaan terkait penggunaannya.

“Jika belum mempunyai pemahaman terkait pengelolaan dana desa maka diharapkan agar tidak perlu sungkan untuk bertanya atau berkoordinasi dengan kepala distrik, kepala Dinas Pemberdayaan Kampung ataupun kepala BPKAD juga Inspektorat kota Jayapura agar pengelolaannya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat kampung,” dorongnya.

Lanjut Wali Kota, program lain yang diberikan Pemerintah, yakni penyaluran beras Raskin yang juga merupakan hak masyarakat dimana setiap 6 bulan dilakukan evaluasi untuk mengetahui seberapa besar dampak yang dirasakan masyarakat.

“Jangan sampai beras Raskin tersebut berbulan-bulan tidak sampai ke tengah masyarakat, demikian juga dana pemberdayaan kampung, bantuan PNPM Mandiri melalui Prospek yang merupakan satu wujud perhatian pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” lanjutnya.

Foto bersama seusai penyerahan bantuan
Karena jika dikelola dengan baik maka masyarakat juga turut merasakan bantuan pemerintah tersebut.

Di momen yang Kepala Distrik Abepura, Bobby Awi menambahkan penyerahan bantuan tahun 2017 ini diperuntukkan bagi kelurahan dan kampung yang tersebar di wilayah setempat.

“Dan masyarakat yang menerima bantuan ini merupakan masyarakat yang benar-benar membutuhkan,” sambungnya.

Awi merincikan, masyarakat telah di data secara benar oleh masing-masing pendamping di kelurahan sehingga total penerima manfaat yang berhak di 5 Kelurahan dan 1 Kampung sebanyak 1.425 orang.

“Wali Kota menginginkan agar bantuan ini benar-benar tepat sasaran sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat sampai ke tangan mereka dan hari ini telah terbukti telah direalisasikan oleh Distrik Abepura,” tandasnya.

Masyarakat yang menerima bantuan tersebut untuk kelurahan Abe pantai dengan besaran bantuan yaitu Rp 117.456.000,- yang diserahkan kepada 438 penerima manfaat.

Kemudian kelurahan Asano sebesar Rp.117.456.000 diserahkan kepada 125 penerima manfaat, Kelurahan Awiyo Rp 117.456.000 diserahkan kepada 119 penerima manfaat dan Kelurahan Vim sebesar 117.456.000 diserahkan kepada 267 penerima manfaat.

Selanjutnya, Kelurahan Wahno sebesar Rp.117.456.000 diserahkan kepada 456 penerima manfaat dan 1 kampung yakni Nafri  sebesar Rp 125.065.000 diserahkan kepada 177 penerima manfaat.

“Sementara bantuan PNPM Mandiri prospek yang sudah diserahkan kepada 2 Kampung sebelumnya masing-masing Koya Koso dan Enggros yang mana telah dilaksanakan di kampung masing-masing pada tanggal 7 dan 11 Juli 2017,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga