Animo Pemasangan Alat Kontrasepsi KB di Kota Jayapura Cukup Tinggi

Animo masyarakat khusus ibu-ibu di Kota Jayapura dalam kaitannya dengan pemasangan alat kontrasepsi KB terbilang cukup tinggi.
Share it:
Animo ibu-ibu di Muara Tami saat menjalani pemeriksaan sebelum pemasangan alat kontrasepsi KB
Jayapura, Dharapos.com 
Animo masyarakat khusus ibu-ibu di Kota Jayapura dalam kaitannya dengan pemasangan alat kontrasepsi KB terbilang cukup tinggi.

Aksi pemasangan secara massal dan gratis yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Jayapura dan dibantu kader yang ada di 5 distrik baru-baru ini langsung mendapat respons luar biasa dari kaum wanita di negeri berjuluk Port Numbay ini.

“Program pemasangan alat kontrasepsi KB yang ditargetkan sebanyak 500 peserta selama 5 hari pemasangan di lakukan, ternyata tak diduga para peserta malah membludak,” ungkap Kabid KB di DP3AKB Kota Jayapura, Aisyah Bustaman, yang dikonfirmasi di kantor Wali Kota, Selasa (15/8).

Untuk Distrik Muara Tami, masyarakat yang terlayani pemasangan implan sebanyak 147 peserta.

Kemudian berturut-turut, Distrik Jayapura Selatan dengan jumlah sebanyak 97 peserta Jayapura Utara (84), Abepura (98) dan Distrik Heram sebanyak 86 peserta.

“Hasil Ini sudah melebihi dari target awal kita yaitu sekitar 512 peserta,’ bebernya

Untuk pelaksanaan kegiatan ini, DP3AKB Kota Jayapura bekerja sama dengan 5 Puskesmas yang ada di 5 distrik untuk menggandeng para kader dalam melakukan kegiatan dimaksud serta mendata warga khususnya ibu-ibu yang akan melakukan pemasangan alat kontrasepsi KB.

“Selama ini kita punya pil KB tetapi terbatas sehingga kita bekerja sama dengan kader-kader di lima distrik dan hasilnya peserta yang ditargetkan melebihi 500 orang. Ini membuktikan bahwa animo masyarakat untuk program ini sebenarnya sangat banyak,” cetus Aisyah.

Diakuinya, pada tahun-tahun sebelumnya, untuk pemasangan KB agak sulit dilakukan karena masyarakat khususnya ibu-ibu belum mengerti tentang hal itu.

Mereka mengira bahwa pemasangan alat kontrasepsi KB ini untuk membatasi kelahiran anak.

“Padahal program yang dilakukan merujuk pada petunjuk Pemerintah pusat ini adalah untuk mengatur jarak kelahiran anak. Dan atas kesadaran sendiri maka pada tahun ini mereka kebanyakan mengikuti program ini,” tandas Aisyah.

Ditambahkan, pemasangan alat KB ini dilakukan secara gratis oleh DP3AKB Kota Jayapura.

“Hanya petugas yang kita perbantukan dari semua Puskesmas yang ada di 5 distrik,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga