Dispendukcapil Latih Aparat Distrik Gunakan ADM dan Tekan HP Akta Jadi

Pemerintah Kota melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura terus berinovasi.
Share it:
Kadispendukcapil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli, SE, M.Si saat meyampaikan materi pelatihan 
Pemerintah Kota melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Jayapura terus berinovasi.

Terkait itu, Sabtu (26/8) digelar Pelatihan Teknis Penggunaan Alat Dukcapil Mandiri (ADM) dan Tekan HP Akta Jadi.

“Pelatihan ini sebagai upaya untuk terus disosialisasikan kepada aparat distrik,”  kata Kepala Dispendukcapil Kota Jayapura, Merlan S. Uloli, SE, M.Si, kepada Beritapapua.Dharapos.com, Minggu (26/8).

Dan harapannya, aparat pihak distrik juga akan menyosialisasikan juga kepada masyarakat Kota Jayapura yang datang ke kantor kecamatan tersebut dalam mengurus dokumen kependudukan.

“Ini juga nantinya akan ditindaklanjuti dengan penyerahan anjungan capil Mandiri kepada empat distrik, masing-masing Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura dan Distrik Heram,” rinci Merlan.

Sementara untuk distrik Muara Tami baru akan di serahkan pada 2019 mendatang, kare na saat ini jaringan internet belum begitu maksimal untuk mengoperasikan alat tersebut.

“Tapi SDM distrik Muara Tami tetap juga dihadirkan untuk mengikuti pelatihan teknis sekaligus sosialisasi,” lanjutnya.

Merlan mengakui dengan adanya inovasi IT ini,  maka Kota Jayapura menuju kota “Smart City” harus di perkuat juga dengan sistem IT dan pihaknya memulai itu.

Proses pelatihan penggunaan ADM dan Tekan HP Akta Jadi
Diharapkan, masyarakat bisa menjadi akrab dengan pelayanan-pelayanan yang ada, di mana semua instansi juga akan berlomba-lomba untuk mencetus program berbasis IT.

Seperti masyarakat yang datang ke kantor distrik, mereka langsung dilayani di kantor distrik dan hanya datang ke kantor Dispendukcapil Kota Jayapura untuk mengambil dokumennya.

Lanjutnya, pelatihan ini diselenggarakan sendiri oleh tim teknis dari Dipendukcapil Kota Jayapura menindaklanjuti inovasi yang telah diciptakan dengan menggerakkan semua pemangku kepentingan di distrik untuk bisa mengoperasikan alat tersebut.

“Makanya kami juga sampaikan ke seluruh pegawai Dispendukcapil, kita harapkan mereka untuk wajib mengetahui dan mampu mengaplikasikan alat tersebut khususnya tekan HP Akta Jadi,” sambungnya.

Merlan juga menilai bahwa SDM di kantor distrik juga sudah mampu untuk melakukan inovasi yang merupakan turunan dari Dispendukcapil. Bahkan mereka mampu mengoperasikan komputer karena setiap hari berhubungan dengan masyarakat Kota Jayapura dalam pengurusan dokumen kependudukan di masing-masing distrik.

“Pelatihan  ini berlangsung dari pukul 10.00 hingga 15.00 WIT dan berlangsung di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Jayapura,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga