DPRD Kota Kembali Gelar Paripurna Hak Keuangan dan Administratif Dewan

DPRD kota Jayapura menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian pendapat dari gabungan Komisi terhadap Raperda tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan, Senin (21/8).
Share it:
DPRD Kota Jayapura menggelar rapat paripurna penyampaian pendapat dari gabungan Komisi terhadap
Raperda tentang Hak  Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan, Senin (21/8)
Jayapura, Dharapos.com 
DPRD Kota Jayapura menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian pendapat dari gabungan Komisi terhadap Raperda tentang Hak  Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota Dewan, Senin (21/8).

Rapat yang berlangsung di ruang Paripurna DPRD Kota Jayapura dihadiri Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM, Sekretaris Daerah Kota, Rasmus D. Siahaya, SH, MM dan para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), kepala  Distrik dan kelurahan lingkup Pemkot setempat.

Badan Legislasi (Baleg) Dewan diwakili Kristian Kondobuan dalam penyampaian pendapat mengharapkan DPRD kota Jayapura mampu melakukan perubahan yang signifikan melalui nilai-nilai demokrasi serta merespons dan memperjuangkan aspirasi rakyat demi mewujudkan kesejahteraan.

Tolak ukur keberhasilan Dewan dalam melaksanakan amanat rakyat tidak terlepas dari sumber daya manusia yang memiliki integritas dan kredibilitas selaku pimpinan dan anggota DPRD kota Jayapura

“Sehingga untuk mewujudkan fungsi-fungsi tersebut perlu dilakukan korelasi antara DPRD dengan Pemerintah kota Jayapura agar terjaga hubungan yang baik harmonis serta tidak saling mendominasi,” harapnya.

Dengan ditetapkan Raperda menjadi Perda maka  Baleg Dewan berharap tata kelola yang terkait dengan hak keuangan dan administratif bagi pimpinan dan anggota DPRD Kota Jayapura semakin efektif, efisien serta berorientasi pada standar dan target kinerja yang terukur serta bermuara pada terwujudnya kesejahteraan masyarakat kota Jayapura, transparan dan akuntabel.

Lanjut Kristian, Baleg DPRD Kota Jayapura juga memberikan apresiasi kepada Wali Kota, Wakil Wali Kota beserta jajaran eksekutif yang telah proaktif terhadap PP Nomor 18 Tahun 2017.

Sementara, Giovano Pattipawae yang mewakil  gabungan Komisi A, B, C dan D DPRD Kota Jayapura juga menyampaikan beberapa pokok pendapat terhadap Raperda keuangan dan administratif pimpinan dan anggota Dewan.

Anggota DPRD Kota, Giovano Pattipawae saat menyerahkan pendapat fraksi kepada Wakil Ketua I
Diantaranya, pokok-pokok pendapat yaitu perubahan belanja Pemkot Jayapura yang mengacu kepada UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah daerah.

Disebutkan, Pemda adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah selaku pengawas menurut asas otonomi dan tugas pembantuan.

“Komisi A, B, C dan D sependapat dengan Wali Kota terhadap muatan Raperda tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD Kota Jayapura,” cetusnya.

Dan kemudian segera mendapat persetujuan Dewan guna mempercepat proses penyiapan dan penyelesaian perangkat hukum lainnya antara lain pembahasan dan penetapan peraturan Wali Kota Jayapura terhadap pembahasan dan penetapan perubahan APBD tahun 2017.

Terhadap materi Raperda, Komisi-komisi Dewan menilai bahwa materi tersebut telah dibahas melalui beberapa tahapan seperti menghimpun dan membahas materi pendukung, menyusun perencanaan dan melakukan sinkronisasi serta kenyamanan penyamaan persepsi antara Legislatif dan Eksekutif

“Komisi-komisi juga sependapat dengan Baleg dan mendukung penuh terhadap harapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota bahwa setelah penetapan Raperda, maka diharapkan dapat dikelola secara akuntabilitas, tertib, efektif, efisien, ekonomis dan transparan serta bertanggung jawab dengan memperhatikan asas keadilan, kepatuhan dan menghindari permasalahan hukum,” tandasnya

Di akhir laporan, gabungan Komisi juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jayapura.

Karena secara personal dan kelembagaan telah menunjukkan komitmen dan kepatuhan dalam melaksanakan perintah UU tentang pengaturan hak keuangan dan administrasi DPRD melalui tim Banggar  Dewan dan tim anggaran Pemda yang telah membahas materi Raperda ini secara cermat.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Daerah

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga