Jadi Irup, Wawali Ajak Semua Pihak Tangkal Radikalisme

Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM telah bertindak selaku inspektur upacara (Irup) pada peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Kamis (17/8).
Share it:
Wawali Ir. H. Rustan Saru, MM saat menerima penyerahan bendera Merah Putih dari salah satu  Paskibra
Jayapura, Dharapos.com 
Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM telah bertindak selaku inspektur upacara (Irup) pada peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Kamis (17/8).


Namun sore harinya, giliran Wakil Wali Kota, Ir. H. Rustan Saru, MM menjadi Irup dalam momen upacara penurunan bendera Merah Putih, sementara bertindak selaku komandan upacara, Mayor Inf. Hariyanto.

Wawali yang ditemui usai upacara, mengakui ini merupakan satu pengalaman yang baru bagi dirinya sebagai orang nomor dua di ibukota Provinsi Papua ini.

“Upacara sore ini merupakan suatu momentum yang sangat luar biasa karena dihadiri oleh para pejabat, unsur Muspida bahkan juga mantan Penjabat Wali Kota Jayapura Daniel Pahabol, S.Pd, MM,” akuinya.

Momen ini telah memberikan motivasi kepada seluruh anak bangsa dari berbagai golongan, hingga latar belakang pekerjaan untuk ikut berpartisipasi mengisi kemerdekaan melalui setiap bidang tugas masing-masing.

“Selaku anak bangsa kita diberikan tanggung jawab untuk mengisi kemerdekaan dalam pembangunan, apapun bentuknya sesuai dengan profesi masing-masing,” tandasnya.

Kader PAN Papua ini juga berpesan kepada seluruh masyarakat Kota Jayapura bahwa pada momentum Proklamasi Kemerdekaan RI ke 72 ini sebagai warga negara yang baik dapat berpartisipasi membangun negara khususnya di Kota Jayapura sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Prosesi upacara penurunan bendera Merah Putih oleh 30 Anggota Paskibra Tingkat Kota Jayapura 
“Kita juga harus bersatu dan bergandengan tangan untuk menjaga keutuhan NKRI dari berbagai bentuk paham-paham radikalisme yang hendak merongrong negara ini. Kita harus bersatu selaku anak bangsa di Kota Jayapura karena NKRI adalah harga mati,” tegasnya.

Mantan pejabat Walikota Daniel pahabol yang pada kesempatan tersebut juga diundang untuk menghadiri upacara penurunan bendera merah putih mengaku bangga atas undangan dari Pemkot Jayapura.

Pahabol  mengaku dengan senang hati datang untuk bersama-sama Pemerintah dan masyarakat serta Muspida Kota Jayapura mengikuti upacara penurunan bendera Merah Putih.

“Saya berharap agar aparatur sipil negara Pemerintah Kota Jayapura dapat terus meningkatkan semangat serta kinerja untuk memajukan negeri ini menjadi lebih baik lagi,” harapnya.

Pahabol juga menyampaikan ucapan selamat kepada Pemkot Jayapura yang telah menyukseskan peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke 72 tahun 2017.

Pantauan Beritapapua.Dharapos.com, prosesi penurunan bendera oleh pasukan pengibar bendera (Paskibra) berlangsung penuh khidmat dimana gerakan dan langkah kaki para pelajar setingkat SMA dan SMK terpilih ini menjadi  sorotan ribuan mata masyarakat dan tamu undangan.

Kekompakan derap langkah kaki dan ayunan tangan menuju tiang bendera turut membawa peserta upacara kepada detik-detik peringatan 72 tahun yang lalu.

Prosesi penurunan oleh 3  orang pelajar pun berjalan lancar, hingga kemudian bendera diserahkan kepada Lidia Putriana asal SMA YPPK Teruna Bakti dan selanjutnya diserahkan kepada Wakil Wali Kota selaku Irup.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga