Kajari Ingatkan Semua Pihak Bekerja Mengacu pada Aturan

Kepala Kejaksaan Negeri Jayapura, Akmal Abbas, SH, MH mengakui Rapat kerja daerah yang di selenggarakan Pemerintah Kota Jayapura merupakan salah satu langkah maju dalam mencapai satu tujuan bersama serta satu sikap yang sama.
Share it:
Peserta Rakerda yang di selenggarakan Pemkot Jayapura, Rabu (9/8)
Jayapura, Dharapos.com 
Kepala Kejaksaan Negeri Jayapura, Akmal Abbas, SH, MH mengakui Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang di selenggarakan Pemerintah Kota Jayapura merupakan salah satu langkah maju dalam mencapai satu tujuan bersama serta satu sikap yang sama.

Dalam hal ini terkait moto Kota Jayapura "Hen Tecahi Yo Onoomi T’Mar Ni Hanased “ dengan arti Satu Hati Membangun Kota Untuk Kemuliaan Nama Tuhan.

“Moto ini bukan satu kalimat yang sekedar untuk diucapkan tapi harus betul-betul diresap dalam hati. Apalagi sebagai aparatur Pemerintah atau pejabat jika kita memaknai moto tersebut maka sangat diyakini visi misi Wali Kota bisa terlaksana dengan baik, jika itu menjadi pegangan kita semua,” imbuhnya di hadapan peserta Rakerda Pemkot Jayapura, Rabu (9/8).

Kajari pun mengingatkan kepada semua pihak untuk bagaimana dalam bertindak khususnya dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing.

“Dari arahan Wali Kota, semuanya sudah sangat jelas bagi kita, bahwa untuk kurun waktu 5 tahun ke depan bukan waktunya untuk kita bersantai. Dan pedoman dalam melaksanakan tugas harus sesuai dengan visi dan misi yang diterapkan, sehingga ketika ini sudah dilaksanakan maka aparat penegak hukum pun akan santai dan tenang,” cetusnya.

Apalagi mengacu kepada 4 wilayah tertib, yaitu tertib administrasi, tertib aturan, bebas korupsi dan menuju WTP. Sehingga saat acuan ini dilaksanakan maka tentu sebagai kepala daerah, Wali Kota sudah sangat tenang.

Tertib administrasi,jika administrasi sudah benar,karena salah satu penindakan terjadi korupsi karena administrasi yang menjadi permasalahan

“Artinya tertib aturan, jika sudah ada SOP maka itu harus diikuti karena semua aturan tentu benar sementara yang tidak benar adalah saat pelaksanaannya,” sambung Kajari.

Wali Kota, lanjut dia, telah memberikan acuan kepada seluruh OPD dan pemangku kepentingan terkait sehingga tinggal bagaimana memegang komitmen dan konsisten dalam melaksanakan aturan tersebut.

Dari beberapa proses pemerintahan berjalan, khususnya dalam hal pelaksanaan pekerjaan tidak terlepas dari masalah pengawasan, dalam hal ini dari segi pencegahan.

“Bahwa sangat vital fungsi dari pengawasan ini dan harus betul-betul dioptimalkan karena jika sudah berjalan dengan baik maka pencegahan tidak perlu terjadi, karena setiap permasalahan yang terjadi diakibatkan karena lemahnya pengawasan,” akui Kajari.

Untuk itu, ada upaya preventif agar tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan. Kalaupun ada, agar segera diluruskan atau diperbaiki, karena BPK juga memberikan kesempatan selama 60 hari untuk melakukan upaya itu.

“Namun Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka Bapak dan Ibu harus siap konsekuensinya, tentunya saat preventifnya sudah lewat sehingga penindakan akan dilakukan oleh para penegak hukum,” cetusnya.

Olehnya itu, ia meminta komitmen bersama untuk satu langkah dengan pimpinan dan tidak boleh ada yang mengkhianati.

“Harus punya komitmen bersama untuk mencapai tujuan, dan yang tak kalah pentingnya, semua kembali kepada hati. Jadi moto yang sudah ditetapkan jangan hanya diucapkan saja tapi harus siap untuk dilaksanakan dalam tugas kita,” tandas Kajari.

Dengan demikian, kajian yang diminta untuk mengikuti SOP dan aturan yang ada serta konsisten terhadap apa yang sudah menjadi pedoman dan acuan terutama pada  empat wilayah tertib.

“Jika aturan dan administrasi sudah di pedomani dengan baik maka kita tidak perlu kuatir terhadap pekerjaan yang ada,” bebernya.

Diakuinya pula, selama ini aparatur pemerintah dalam melaksanakan setiap pekerjaan proyek banyak diliputi ketakutan.

“Apa yang kita takutkan, karena Kepolisian, KPKdan Kejaksaan tidak akan melakukan kriminalisasi, karena kami juga bertugas untuk menyukseskan program pemerintah,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga