Koya Jadi Target Pemprov Pindahkan Ibukota Papua

Kawasan Koya, Distrik Muara Tami kini jadi target pemindahan ibukota Provinsi Papua yang selama ini berlokasi di Kota Jayapura.
Share it:
TEA . Hery Dosinaen, SIP, MKP 
Jayapura, Dharapos.com
Kawasan Koya, Distrik Muara Tami kini jadi target pemindahan ibukota Provinsi Papua yang selama ini berlokasi di Kota Jayapura.

Rencana tersebut kembali mengemuka, pasca musibah banjir sepanjang tahun yang melanda ibukota provinsi paling timur Indonesia ini.

Selain itu, terbatasnya lahan untuk  menampung semua fasilitas serta pertambahan penduduk yang terus meningkat dikuatirkan turut pula menghambat pelayanan pemerintahan.

“Bapak Gubernur telah mencanangkan dan merencanakan ada Kota Baru di daerah Koya, tapi masih akan dilakukan studi kelayakan, sehingga ke depan Jayapura ada  Kota Baru untuk pusat pemerintahan dan juga pusat  kegiatan-kegiatan yang lain,” terang Sekda Papua TEA Hery Dosinaen, SIP, MKP, baru-baru ini.

Sementara itu, berkaitan dengan rencana tersebut, Kepala Badan Pengelola Sumber Daya Manusia (BPSDM) Zahkarias Giyay, mengakui jika pihaknya telah menggelar Workshop Kelayakan Kebijakan Pembangunan di Lingkungan Provinsi Papua, Kabupaten dan Kota Tahun 2017, beberapa waktu lalu.

Workshop tersebut bertujuan untuk  membantu baik pejabat maupun PNS dari pelbagai SKPD berkaitan dengan kegiatan-kegiatan pembangunan,  terutama kajian rencana  pembentukan Kota Baru, untuk memidahkan pusat pemerintahan Papua ke wilayah Koya.

“Kalau kita bicara tentang  Kota Baru, maka mereka mampu melakukan itu dengan baik,” katanya.
Menurut Giay, pihaknya telah mempersiapkan dan membekali PNS dari segi pengetahuan, skill kepada SKPD masing-masing untuk menindaklanjuti rencana tersebut.

“Tugas kami dari sisi pengembangan SDM adalah bagaimana mempersiapkan aparatur kita untuk merespons kepentingan pembangunan, khususnya kita melakukan studi kelayakan apakah layak tidak misalnya kita mau  pindahkan ke Koya,” tukasnya.

(Piet)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Politik dan Pemerintahan

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga