Masyarakat Adat Asal PNG Turut Meriahkan HUT RI ke 72

Upacara pengibaran memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 72 tahun ini di Kota Jayapura terasa sangat spesial dan istimewa.
Share it:
Para penari asal Kampung Waromo PNG bergerak mengelilingi Wali Kota dan ibu serta Wawali dan ibu
Jayapura, Dharapos.com
Upacara pengibaran memperingati Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 72 tahun ini di Kota Jayapura terasa sangat spesial dan istimewa.


Wali Kota DR. Benhur Tomi Mano, MM, Wakil Wali Kota Ir. H. Rustan Saru, MM bersama unsur Muspida dan seluruh tamu undangan serta warga masyarakat dihibur dengan berbagai kegiatan.

Diantaranya Parade Budaya Bhineka Tunggal Ika dari 12 Provinsi yang dilakoni oleh pelajar tingkat SMP dan SMA/SMK se Kota Jayapura, hingga Goyang Aster oleh FKPPI setempat.

Bahkan yang paling istimewa, sejumlah penari adat asal dari kampung Waromo, Vanimo Papua Nugini (PNG) turut memeriahkan peringatan HUT RI ke 72 tahun dengan Tarian   Medeth.

Tarian ini menceritakan seorang pria yang hendak datang ke rumah seorang wanita. Sang pria berkeinginan meminang  dan  menikahi sang gadis.

Pantauan media ini, para penari kemudian mengelilingi Wali Kota dan ibu serta Wawali dan ibu.

“Tarian adat ini merupakan peninggalan nenek moyang  dan  leluhur kami yang datang dari bagian timur yaitu dari Kayu Batu, Tobati, Nafri dan Engross,” terang Kepala Kampung Waromo Vanimo, Steven Nikenggu, yang dikonfirmasi, saat warganya tampil di lapangan  bola Mako Lantamal X Hamadi Kota Jayapura, Provinsi Papua, Kamis (17/8).

Tarian ditampilkan sekaligus mempertegas eratnya tali persaudaraan antar kedua negara, RI dan PNG
Tari yang ditampilkan ini juga sekaligus untuk mempererat tali persaudaraan antar kedua negara, RI dan PNG.

“Kami hadir untuk memberikan penampilan yang terbaik dalam merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke 72 tingkat kota Jayapura,” cetusnya.

Steven juga menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa syukur kepada Wali Kota Jayapura yang telah mengundang warganya dari kampung Waromo untuk membawa tarian budaya mereka.

“Kami sebagian  berasal dari suku Tobati dari Marga Sibi, Kayu Batu dan marga Youwe. Kami juga senang karena bisa hadir di tengah-tengah Bangsa Indonesia untuk memeriahkan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke 72 di Kota Jayapura,” ucapnya.

Steven mengaku sangat bahagia karena dipercaya Wali Kota Jayapura menjadi salah satu pengisi acara pada HUT RI yang ke 72 ini.

“Upacara ini sangat meriah dan kami sangat bersyukur,” tukasnya.

(Har)
Pantas vor Ambon 1
Share it:

Kota Jayapura

Masukan Komentar Anda:

0 comments:

Olahraga